Pernah Bikin Heboh, Kilauan NFT Memudar di 2022

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Pernah Bikin Heboh, Kilauan NFT Memudar di 2022

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 09 Jan 2023 07:00 WIB
Ilustrasi NFT non fungible token
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawf8
Jakarta -

Januari 2022, Indonesia dihebohkan dengan viral anak muda yang memperdagangkan foto-foto selfienya di OpenSea marketplace NFT. Tak main-main foto selfienya itu laku hingga miliaran rupiah.

Dia adalah Ghozali Everyday. Ia berhasil membuat heboh media sosial dengan foto selfienya yang dijadikan Non Fungible Token (NFT) kemudian bernilai miliaran rupiah. Jumlah foto selfie yang dijual itu tidak hanya satu. Diketahui totalnya 933 koleksi, maka jika dijumlahkan NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.

Item yang dijajakan oleh pemilik nama asli Gustaf Al Ghozali merupakan koleksi foto selfienya yang diambil tiap hari sejak usia 18 hingga 22 tahun, dalam rentang tahun 2017 hingga 2021. Pemuda asal Solo itu menjual tiap fotonya dengan harga 0,001 ETH atau kisaran Rp 48 ribu.

Foto selfie Ghozali juga dibeli oleh salah satu chef ternama Indonesia yakni Arnolf Poernomo. Dalam wawancara dengan detikINET, Chef Arnold mengatakan ia membeli hampir 30 NFT Ghozali yang dijual lewat marketplace OpenSea. Saat dibeli oleh Chef Arnold, harga yang di-set oleh Ghozali untuk karyanya adalah 0,001 Ethereum atau sekitar Rp 47 ribuan.

NFT sendiri adalah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain. Dengan kata lain, sebenarnya NFT itu sendiri nggak jauh beda dengan beberapa aset mata uang kripto. Hanya saja NFT nggak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.

Sejauh ini NFT banyak digunakan untuk mewakili sebuah barang, kebanyakan adalah karya seni di forum digital. Bisa dibilang NFT adalah sebuah sertifikasi kepemilikan sebuah barang.

Pada awal 2022 kemarin, NFT memang booming hingga semua pihak dari pejabat, artis hingga musisi menjajal token digital itu. Namun, pada akhir 2022 NFT semakin meredup boomingnya. Berikut ini rangkuman booming NFT dalam catatan detikcom.

1. Pejabat Jajal NFT

NFT ini booming hingga pejabat pun ikut dalam tren tersebut. Salah satunya Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang menjual lukisan dan berhasil terjual delapan kali lipat dari harga aslinya. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

Lukisan itu sendiri merupakan milik pelukis jalanan di Braga Bandung. Lukisan yang dijual oleh Kang Emil secara digital adalah buatan pelukis jalanan di Braga, Bandung. Jika biasanya lukisan itu dihargai Rp 500 ribu, dengan dijadikan NFT laku Rp 4,2 juta.

2. Jual KTP jadi NFT

Sanking boomingnya NFT, banyak warganet yang mencoba peruntungan untuk meraih kesuksesan seperti Sultan Gustaf Al Ghozali (22). Namun, warga +62 yang mencoba peruntungan menggunakan karya-karya NFT yang tidak lazim.

Bayangkan saja, ada pihak yang menjual foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) di OpenSea. Parahnya foto KTP yang dijual adalah sisi yang menunjukkan identitas pemiliknya. Hal itu terungkap dari unggahan pengguna di Twitter.

Hal itu tentunya berbahaya karena identitas pribadi pemilik KTP jadi diketahui banyak orang. Padahal identitas di KTP seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan lainnya merupakan rahasia dan bisa disalahgunakan untuk kejahatan.

Lanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT