Follow detikFinance
Senin 12 Feb 2018, 10:19 WIB

Kendaraan Pedesaan Jokowi Beda dengan Mobil, Ini Alasannya

Fadhly F Rachman - detikFinance
Kendaraan Pedesaan Jokowi Beda dengan Mobil, Ini Alasannya Foto: Fadhly F rachman
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki program kendaraan pedesaan. Banyak yang salah mengartikan bahwa kendaraan pedesaan ini merupakan sebuah mobil, namun nyatanya bukan.

Direktur Jendral (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto, mengungkapkan walaupun kendaraan pedesaan ini berbentuk seperti layaknya sebuah mobil, namun kendaraan pedesaan yang dimaksud tidak masuk dalam kategori mobil.

"Sebetulnya kita menyebutnya bukan mobil tapi alat transportasi. Kalau alat transportasi itu luas kategorinya, tidak hanya mobil," kata Harjanto saat berbincang dengan detikFinance di kantornya pekan lalu.


Harjanto menjelaskan bahwa sedianya konsep kendaraan pedesaan dibuat untuk membantu para petani dalam pekerjaannya, atau sebagai mekanisasi alat pertanian. Artinya kendaraan ini memiliki fungsi tertentu seperti traktor.

"Memang bukan mobil, ini konsepnya berbeda Walaupun memang komponennya dari industri mobil tapi memang bentuknya mobil banget tapi fungsinya seperti traktor lah. Intinya alat transportasi lah," jelas Harjanto.

Selain itu, kendaraan pedesaan juga tak masuk ke dalam kategori sebuah mobil karena beberapa faktor. Ada sejumlah perbedaan tertentu antara kendaraan pedesaan dan mobil, contohnya seperti tingkat kecepatan serta emisi kendaraan.

"Kalau mobil, enggak bisa dikatakan mobil juga karena di bawah 50km/jam. Karena harus ada impact test. Cuma kan karena ini ke jalan kalau kata orang Kementerian Perhubungan harus pakai nomor polisi. Tapi mungkin beda ceritanya tidak sama seperti kendaraan biasa. Emisi, uji segala macam agak berbeda dengan mobil. Berbeda sekali," kata dia.


Lebih lanjut Harjanto mengatakan, bila masuk dalam kategori sebuah mobil maka kendaraan pedesaan tentu kalah saing. Oleh sebab itu, konsep utama dari kendaraan pedesaan ini ialah suatu alat untuk membantu dalam memproduksi hasil pertanian.

"Di daerah juga kalau bicara alat transportasi itu sesuatu yang lain, tapi kalau mobil yang bakal di pikirannya seperti Suzuki, Daihatsu, Toyota itu mobil. Kalau head-to-head kita enggak dapat segmen market, di situ akan kalah sama mereka. Tapi kalau bicara alat transportasi dan mekanisasi itu lain sesuatu yang baru buat si petani," tuturnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed