Follow detikFinance
Senin, 20 Agu 2018 18:52 WIB

Akhir Bulan, Pabrik Baterai Mobil Listrik Dibangun di Halmahera

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Istimewa/YouTube/Duncan Sinfield Foto: Istimewa/YouTube/Duncan Sinfield
Jakarta - Pabrik pembuatan baterai mobil listrik akan dibangun di Halmahera akhir bulan ini. Pabrik tersebut rencananya dibangun di Weda, Halmahera Tengah.

"Weda Bay, nanti groundbreaking tanggal 30 Agustus," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).

Luhut menambahkan di kawasan industri yang akan lebih besar dari Morowali akan dibangun fasilitas pemurnian atau smelter untuk stainless steel, carbon steel, hingga lithium sebagai baterai mobil listrik.

"Smelter untuk stainless steel, carbon steel, sampai lithium baterai," ujar Luhut.

Adapun investor untuk pabrik baterai tersebut adalah Prancis dan China dengan total investasinya mencapai US$ 10 miliar.


"Iya kaya Morowali. Itu agak lebih besar dari Morowali, kira-kira hampir dekat US$ 10 miliar," tutur Luhut.

Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) untuk kawasan industri tersebut diharapkan berasal dari daerah sekitar. Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara tengah memutar otak memenuhi tenaga kerja di kawasan tersebut.

"Tadi bupatinya lagi ngatur jadi pendidikan lagi disiapin," kata Luhut.

Ia menambahkan, untuk pembangunan pabrik mobil listrik rencananya dibangun di sekitar Bekasi, Karawang, atau Purwakarta.

"Nanti pabrik mobil listriknya mungkin tempatnya mau dilihat apakah di Karawang, Bekasi, Purwakarta atau di mana," ujar Luhut.

(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed