Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Agu 2019 11:00 WIB

Jokowi: Kita Ingin Bangun Industri Mobil Listrik Sendiri

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Jokowi di sidang tahunan MPR (Zunita/detikcom) Foto: Jokowi di sidang tahunan MPR (Zunita/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia serius mengembangkan industri mobil listrik. Jokowi ingin Indonesia mandiri dengan memiliki industri mobil listrik di dalam negeri.

"Kita sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik tapi kita ingin lebih dari itu, kita ingin membangun industri mobil listrik sendiri," ujar Jokowi dalam sidang bersama DPD-DPR RI 2019, di Geduung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Diketahui, Jokowi sudah mengeluarkan peraturan mengenai pengembangan kendaraan listrik pekan lalu.


Dalam kesempatan itu juga, Jokowi mengatakan, industri Indonesia harus berani melakukan ekspansi, tak hanya bermain di pasar dalam negeri. Saatnya barang-barang dari Indonesia membanjiri pasar global.

"Produk-produk kita harus mampu membanjiri pasar regional dan global, itu yang harus kita wujudkan. Pengusaha-pengusaha dan BUMN-BUMN kita harus berani menjadi pemain kelas dunia. Itu yang harus kita lakukan," tambahnya.


Jokowi beralasan, Indonesia punya modal, yaitu sumber daya manusia yang mumpuni. Apalagi di 2020-2024 nanti Indonesia dihadapkan pada bonus demografi di mana menurutnya harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Sekali lagi kita harus semakin ekspansif, from local to global. Jika kita, kita semua, segera serius berbenah bersama, saya yakin kita akan mampu melakukan lompatan-lompatan kemajuan secara signifikan," tambahnya.

Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com