Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Sep 2019 19:30 WIB

Cukai Rokok Naik Drastis, Penerimaan Bakal Tembus Rp 173 T

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
FOKUS BERITA Harga Rokok Naik!
Jakarta - Pengusaha industri hasil tembakau (IHT) yang tergabung dalam Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI) membeberkan potensi setoran ke pemerintah akan melonjak hingga Rp 200 triliun dengan naiknya cukai rokok sebesar 23%, dan harga jual eceran (HJE) rokok sebesar 35%.

"Bila cukai naik 23% dan HJE naik 35% di tahun 2020, maka industri harus setor cukai dikisaran Rp 185 triliun, mengingat target cukai tahun ini Rp 157 triliun, belum termasuk Pajak Rokok 10% dan Ppn 9,1% dari HJE. Dengan demikian setoran kami ke pemerintah bisa mencapai Rp 200 triliun," terang Ketua Umum GAPPRI Henry Najoan dari keterangan resminya, Sabtu (14/9/2019).

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi mengatakan, potensi penerimaan negara tahun depan sekitar Rp 173 triliun dari cukai rokok.

"(Potensi penerimaan negara tahun 2020) Rp 173 triliun ya. Pemerintah dalam memutuskan kebijakan tarif ini lebih mengutamakan kepada pertama pengendalian konsumsi," kata Heru di kantor Kemenkeu.


Maksudnya, target utama pemerintah dalam menaikkan cukai dan HJE rokok ini yakni pada pengendalian konsumsi rokok di masyarakat. Tentunya, kata Heru, soal pendapatan (revenue) akan mengikuti.

"Pengendalian konsumsi itu pasti kaitannya dengan kesehatan, dan yang kedua adalah kepada industri ini. Jadi dua pilar itu yang menjadi pertimbangan utama. Revenue mengikuti," jelas Heru.

Namun, ia menegaskan, target pemerintah yakni pada pengendalian konsumsi, bukan peningkatan penerimaan negara dari naiknya cukai dan HJE rokok.

"Jadi kita tidak membuat kebijakan ini berdasarkan target revenue tapi berdasar pada konsumsi yang harus secara gradual diturunkan, tapi industri masih bisa kita perhatikan," pungkas Heru.



Simak Video "Rokok dan Liquid Vape Ilegal Senilai Rp 1,7 M Dimusnahkan "
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
FOKUS BERITA Harga Rokok Naik!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com