Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Nov 2019 22:15 WIB

Kunjungi Pindad, Kepala Bappenas Minta Genjot Produksi Peluru

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ke PT Pindad/Foto: Mukhlis Dinillah Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ke PT Pindad/Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mendorong PT Pindad (Persero) meningkatkan produksi peluru. Menurutnya kebutuhan peluru tanah air khususnya untuk TNI-Polri cukup tinggi.

Ia menuturkan saat ini Pindad sudah bisa memproduksi peluru. Namun, sambung dia, sebagian bahan bakunya masih impor.

"Mungkin yang kita kembangkan itu peluru, kita memerlukan dengan jumlah yang banyak, tapi sebagian komponen tertentu, intinya masih impor," kata Suharso saat mengunjungi Pindad, Kota Bandung, Jumat (8/11/2019).


Ia mengaku pihaknya juga mendorong perusahaan pelat merah itu bisa mengembangkan teknologi propelan (bahan mesiu). Sehingga, ke depan bisa memproduksi peluru sendiri.

"Termasuk propelan, itu usianya ribuan tahun teknologinya, harusnya kita sudah bisa," PPP.

"Jadi kerja sama juga dengan BUMN strategis, antara Dahana dan Pindad jadi penting, termasuk dalam persenjataan," menambahkan.

Dia mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan menyuntik modal untuk pengembangan produksi Pindad. Sejauh ini pembiayaan produksi Pindad melalui kredit ekspor, pinjaman dalam negeri, dan APBN.

"Kita lihat kalau memang peluru kapasitas dari pindad bisa dinaikan dengan penyuntik dana kita siapkan itu. Jumlahnya jangan dulu," ujar Suharso.



Simak Video "Senyum Merekah Suharso Monoarfa Kala Sambangi Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com