Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Nov 2019 12:13 WIB

Kolaborasi dengan Rusia, Pindad Bikin Tank Baja Khusus Pemadam Api

Hakim Ghani - detikFinance
Foto: Tank Baja Khusus Pemadam Buatan Pindad (Hakim Ghani/detikcom) Foto: Tank Baja Khusus Pemadam Buatan Pindad (Hakim Ghani/detikcom)
Garut - PT Pindad tengah mengembangkan tank baja khusus yang diperuntukkan untuk memadamkan api. Tank baja pemadam kebakaran tersebut saat ini tengah memasuki tahap uji coba.

"Ini prototype. Uji coba ini sendiri untuk melihat sejauh mana efektifitas si kendaraan ini," ujar Windu Paramarta, Kepala Pengembangan Produk PT Pindad kepada detikcom saat uji coba tank pemadam api di kawasan Tarogong Kaler, Selasa (26/11/2019).

Tank baja khusus pemadam api ini dibuat Pindad dengan bekerjasama dengan Rusia. Tank baja pemadam api ini didesain untuk melakukan pemadaman kebakaran di hutan dengan medan yang tidak bisa dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran biasa.

"Kami berharap ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi kebakaran lahan di Indonesia," katanya.


Windu menjelaskan, jika nantinya dirasa laik untuk beroperasi, Pindad berkoordinasi dengan BNPB akan melakukan demo penggunaan tank baja ini di Sumatera pada bulan maret 2020.

"Untuk itu kita melakukan uji coba hari ini untuk mengetahui sejauh mana efektivitas kendaraan ini," ujar Windu.


PT Pindad sendiri sejauh ini sudah mengembangkan 3 unit kendaraan khusus untuk pemadam kebakaran. Sebelum tank baja yang saat ini diujicobakan, Pindad telah mengembangkan mobil pemadam api berbasic truk dan satu mobil pemadam api lainnya pada tahun 2010 lalu.

Simak Video "Rekaman CCTV Aksi Nenek Curi Beras di Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com