Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Jan 2020 19:16 WIB

Sri Mulyani Tagih Lagi Keputusan Cukai Plastik ke DPR

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadiri rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI. Sri Mulyani membahas kondisi ekonomi di tahun 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di DPR/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menagih keputusan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terkait kebijakan cukai plastik. Pasalnya, laporan pemerintah tentang kebijakan tersebut belum mendapat respons dari parlemen.

Sri Mulyani pun minta kebijakan tersebut dimasukkan dalam kesimpulan rapat kerja (raker) tentang realisasi APBN tahun 2019 dan outlook perekonomian di tahun 2020.

"Mengenai cukai plastik, kita minta kesimpulannya, kita sudah diskusi tapi belum ada juga (kesimpulan)," kata Sri Mulyani si ruang rapat Komisi XI DPR, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Pimpinan rapat Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memasukkan keputusan kebijakan cukai plastik pada raker kali ini. Sebab, tema yang dibahas sangat berbeda.

Dito justru meminta Sri Mulyani memaparkan kembali mengenai rencana pemerintah menerapkan cukai plastik. Pasalnya, banyak anggota baru Komisi XI DPR RI yang belum mengetahui secara lengkap rencana kebijakan tersebut.

"Ibu belum memberikan presentasi, banyak anggota yang baru yang belum mengikuti," ujar Dito.

Sementara itu, raker tentang realisasi APBN tahun 2019 dan outlook perekonomian di tahun 2020 menghasilkan tiga kesimpulan. Dari kesimpulan itu pun tidak ada mengenai cukai plastik.

Berikut kesimpulannya:

1. Kementerian Keuangan berkomitmen untuk meningkatkan efektivitas kebijakan fiskal yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi pada tahun 2020 dengan tetap menjaga target pembangunan yang sudah ditetapkan.

2. Kementerian Keuangan berkomitmen untuk memastikan pelaksanaan APBN tetap kredibel.

3. Kementerian Keuangan memberikan jawaban tertulis maksimal 7 hari kerja atas pertanyaan dan tanggapan pimpinan dan anggota Komisi XI DPR RI pada rapat kerja Komisi XI DPR RI dan Kementerian Keuangan tanggal 28 Januari dan 30 Januari 2020.

Sri Mulyani Tagih Lagi Keputusan Cukai Plastik ke DPR


Simak Video "Nasib Omnibus Law Kini di Tangan DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com