Perusahaan Mongolia Bangun Pabrik Perakitan Bus Listrik di Surabaya

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 28 Apr 2020 12:20 WIB
Mobil LIstrik Karya Anak Bangsa
Ilustrasi. Tidak terkait dengan berita/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bars Motors LLC akan segera membangun pabrik perakitan kendaraan listrik di Indonesia, tepatnya Surabaya. Perusahaan asal Mongolia itu bekerja sama dengan PT Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk dan afiliasinya PT Cipta Unggul Arta Nusantara (CUAN) untuk merealisasikannya.

Ketiga perusahaan itu sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan perkiraan nilai investasi US$ 10 juta atau setara Rp 155 miliar pada 24 April kemarin. Nilai itu sudah termasuk lahan, fasilitas, teknologi, dan peralatan.

Bars Motors adalah sebuah perusahaan produsen kendaraan listrik dari Mongolia yg sudah beroperasi di beberapa negara di Asia dan Afrika seperti perakitan jenis kendaraan penumpang, kendaraan listrik, dan kendaraan berat jenis truk angkutan. Rencananya perusahaan ini akan merakit kendaraan seperti bus listrik di Surabaya.

"Setelah 2 bulan melakukan riset, Bars Motors memutuskan untuk memulai proyek pertamanya di Surabaya, Indonesia, dengan perusahaan lokal PT. Cipta Unggul Arta Nusantara," ujar Direktur Bars Motors D. Dembereldorj dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Dia mengatakan pilihan membangun pabrik di Indonesia adalah karena menilai Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi pemimpin pasar otomotif di Asia Tenggara.

Selain itu, Dembereldorj mengatakan Bars Motors juga ingin memperkenalkan teknologi energi jenis baru sehingga dapat melahirkan inovasi dari disrupsi yang ada di dalam pergerakan sosial dan ekonomi dari 270 juta penduduk di Indonesia dan negara sekitarnya.

Pandemi Corona yang tengah melanda Indonesia juga tak menyurutkan niat perusahaan. Menurut dia, begitu penyebaran virus Corona mereda, perusahaan akan memulai proyek pemasangan mesin perakitan dan akan segera mulai beroperasi.

Direktur Utama Bumi Benowo, Felix Soesanto menilai kerja sama antara Bars Motors, CUAN, dan Bumi Benowo merupakan salah satu langkah menyikapi disrupsi ekonomi dan sosial.

"Kerja sama ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif bukan saja financial tetapi juga visi yang sama dengan BBSS. Kita harus dapat mengubah kekurangan menjadi kesempatan dari disrupsi ekonomi dan sosial ini dan tentu saja ini akan berpengaruh pada kinerja keuangan 2020 dan kesejahteraan investor BBSS", tambah Felix.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Buruh Pabrik di Purwakarta Ditemukan Tewas, Mulutnya Keluar Darah"
[Gambas:Video 20detik]