Sederet Industri yang Bisa Lari Lagi di Era New Normal

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 09 Jun 2020 19:10 WIB
Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat menembus 5,3% di tahun 2020. BI pun optimis kabinet baru Jokowi dapat percepat laju ekonomi RI.
Foto: Pradita Utama


Lebih lanjut dikatakan Raden, industri farmasi dan alat kesehatan masuk ke dalam daftar andalan pemerintah dalam mendorong perekonomian pasca COVID-19. Sementara yang terakhir adalah industri digital.

"The new normal melahirkan industri yang beradaptasi dengan situasi baru," ujarnya.

Menurut Raden, industri yang bakal lama pulihnya dari dampak Corona adalah yang terkait dengan hospitality, seperti industri penerbangan, pariwisata, dan pariwisata.

"Ini memang mungkin akan butuh waktu lebih panjang, 1-2 tahun belum terlihat pertumbuhan cepat di sini karena butuh waktu untuk pulihkan kembali kepercayaan di sini," katanya.


Dia mencontohkan industri penerbangan, selama penerapan era new normal maka jumlah penumpang yang diangkut hanya setengah dari kapasitas kursi yang tersedia atau jauh lebih sedikit lagi. Sehingga akan berdampak pada pendapatan dan penjualan.

"Tidak hanya income, persyaratan kita untuk berangkat dari 1 destinasi ke destinasi baru juga tidak mudah. Jadi dugaan saya, khusus untuk industri pariwisata hospitality akan lebih panjang," ungkapnya.

Halaman


Simak Video "Mengenal 'Sustainable Fashion', Konsep Busana Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]

(hek/hns)