DPR Panggil Bio Farma hingga BPOM Bahas Perkembangan Vaksin Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 31 Agu 2020 15:02 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Komisi IX DPR RI hari ini menggelar rapat dengar pendapat dan rapat dengar pendapat umum dengan pihak terkait dalam pengembangan vaksin virus Corona (COVID-19). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh dan dibuka pukul 14.00 WIB.

Poin yang dibahas mengenai penelitian dan pengembangan obat dan vaksin COVID-19, sumber pembiayaannya, dan kendala yang sedang dihadapi. Kemudian, penjelasan tentang perkembangan pengembangan Vaksin Merah Putih, sumber pembiayaannya, dan kendala yang sedang dihadapi.

"Intinya kita ingin tahu bahwa di negara kita bahkan dunia juga terdapat pandemi COVID-19 yang hari ini juga mulai meningkat jumlah kasusnya. Oleh karena itu kita ingin tahu segera mendapatkan vaksin maupun obat dalam rangka untuk (mencegah) penyebaran maupun penyembuhan terhadap virus ini," kata dia saat membuka rapat, Senin (31/8/2020).

Hadir dalam rapat yaitu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Deputi I Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif Badan POM, serta Direktur Utama PT Bio Farma.

Lalu hadir Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19, Kepala Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Kepala Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Universitas Padjadjaran, Ketua UGM Science And Techno Park, Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga, serta Ketua Pusat Riset Virologi dan Kanker Patobiologi FKUI-RSCM.

"Pada kesempatan ini kita ingin tahu secara pasti problematika yang kita hadapi bersama sehingga solusi-solusi itu akan segera bisa kita tindaklanjuti, baik dari proses maupun hal-hal lain yang memang perlu segera diselesaikan atau perlu ditindaklanjuti," tambahnya.



Simak Video "KPU Izinkan Konser Musik di Pilkada, Komisi IX: Massa Harus Dikontrol"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)