Duh! Elon Musk Pernah Sebut SpaceX dan Tesla Bisa Tak Berharga

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 05 Okt 2020 10:59 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Elon Musk/Foto: AP
Jakarta -

Elon Musk adalah miliuner yang sukses berkat Tesla dan SpaceX. Berkat dua perusahaan itu, kini dirinya menjadi orang terkaya kelima di dunia.

Namun baru-baru ini, Elon Musk mengeluarkan pendapat yang mengejutkan. Lewat akun Twitter-nya, dia pernah menyebut lebih dari 90% kemungkinan SpaceX & Tesla akan bernilai US$ 0.

"Pada hari-hari awal, saya pikir ada lebih dari 90% kemungkinan bahwa SpaceX & Tesla akan bernilai US$ 0," katanya dikutip dari CNBC, Senin (5/10/2020).

Meskipun kemungkinannya besar, Musk tidak gentar dan terus melangkah maju dengan merencanakan bisnis jangka panjang. Dia berani menginvestasikan jutaan dolar di SpaceX & Tesla.

"Saya pikir peluang sukses kami sangat rendah sehingga saya tidak ingin mengambil risiko dana siapa pun pada awalnya kecuali dana saya sendiri," kata Musk tentang Tesla dalam 'Master Plan, Part Deux' yang diposting di blog Tesla pada 2016.

"Sedangkan untuk SpaceX, semua orang mengatakan saya akan kehilangan semua uang dari PayPal, saya seperti 'ya, Anda mungkin benar. Tapi itu tetap patut dicoba," kenang Musk.

Musk mengatakan SpaceX dan Tesla sempat menghadapi kendala besar di mana keduanya hampir bangkrut pada 2008. SpaceX mengalami serangkaian kegagalan yakni tiga peluncuran pertama Falcon 1, roket pertama yang dapat digunakan kembali, gagal mencapai orbit.

"Kegagalan keempat akan benar-benar permainan berakhir. Untungnya, peluncuran keempat yang merupakan uang terakhir yang kami miliki untuk Falcon 1 berhasil," tuturnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2