Vaksinasi Corona Makin Dekat, Jokowi Sebut Simulasi Dipantau Ketat

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 23 Nov 2020 10:27 WIB
Jokowi Hadiri KTT G20 2020 Secara Virtual
Foto: Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pemerintah menargetkan proses vaksinasi COVID-19 bisa mulai dilakukan akhir 2020 atau awal 2021. Proses simulasi vaksinasi pun sudah dilakukan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah memantau langsung proses simulasi vaksinasi pertama di lapangan. Namun Jokowi meminta simulasi itu kembali dilakukan dan dia akan memantau ketat prosesnya

"Saya lihat di lapangan sudah baik dan saya minta simulasi ini terus dilakukan. Saya akan ngecek mungkin 1 atau 2 kali lagi. Sehingga nanti saat pelaksanaan betul-betul pada kondisi yang sudah sangat baik," ucapnya saat membuka rapat terbatas, Senin (23/11/2020).

Menurut Jokowi yang paling penting saat ini adalah melakukan evaluasi terhadap mekanisme dan proses distribusi dari vaksin COVID-19. tujuannya untuk memastikan agar perjalanan vaksin ke daerah bisa berjalan aman dan lancar.

Dalam ratas hari ini Jokowi pun meminta laporan mengenai progres pengadaan vaksin. Dia menilai seharusnya proses administrasi dan pembayaran vaksin sudah dilakukan.

"Kemudian persiapan vaksinasi itu sudah berapa persen, baik yang menyangkut proses distribusi, kemudian persiapan untuk seperti apa dan proses administrasi menuju ke tahapan-tahapan di BPOM yang berkaitan dengan emergency use authorization seperti apa. Saya ingin dapatkan laporannya," ucapnya.

(das/zlf)