Pengusaha Minta Jatah Vaksin Corona Gratis

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 02 Des 2020 08:52 WIB
Vaksin Covid-19: Negara-negara termiskin di dunia tak boleh terinjak-injak dalam perebutan vaksin corona, menurut WHO
Foto: BBC World
Jakarta -

Para pengusaha ingin pemerintah juga menyediakan vaksin gratis untuk swasta. Mereka merasa juga mengalami dampak buruk dari pandemi COViD-19.

Pemerintah sendiri telah menyiapkan 2 metode vaksinasi COVID-19, yakni vaksin pemerintah dan vaksin mandiri. Para pengusaha minta perusahaan swasta juga bisa mendapatkan vaksin gratis dari pemerintah.

Vaksin pemerintah akan ditujukan bagi mereka yang berada di garda terdepan dalam menangani wabah COVID-19 dan mereka yang membutuhkan. Sementara di luar pihak itu terutama bagi mereka yang mampu diharapkan berpartisipasi dalam program vaksin mandiri atau membeli vaksin sendiri.

Namun Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani meminta pemerintah agar vaksin juga bisa diberikan gratis untuk perusahaan swasta. Hal itu disampaikan langsung dalam webinar yang juga dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

"Kami mendengar yang untuk dunia usaha ada pemikiran menjadi mandiri. Menurut kami sebaiknya tidak dilakukan seperti itu tapi jadi tanggungan negara," ucapnya dalam webinar, Selasa (1/12/2020).

Hariyadi menerangkan, vaksin dunia usaha harus menjadi tanggungan negara karena dunia usaha juga terdampak dari pandemi COVID-19 yang telah mengguncang perekonomian. "Karena kita juga terdampak yang cukup berat dalam kondisi ini," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2