Vaksin Corona Diberikan Gratis ke Masyarakat, BPOM Awasi Keamanannya

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 19 Des 2020 13:30 WIB
Vaksin Corona dari Sinovac telah tiba di Indonesia. Kini vaksin tersebut disimpan di PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.
Foto: Istimewa/presiden.go.id
Jakarta -

Pemerintah memastikan pemberian vaksin COVID-19 diberikan secara gratis tanpa syarat apapun kepada masyarakat. Saat ini, pemerintah juga sedang merampungkan perencanaan tahapan vaksinasi COVID-19.

Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemberian vaksin Corona tidak perlu adanya syarat sebagai anggota BPJS Kesehatan.

"Menindaklanjuti kebijakan vaksin COVID-19 gratis yang diumumkan Presiden pada tanggal 16 Desember lalu, dapat kami tegaskan bahwa vaksin COVID-19 gratis untuk masyarakat, tanpa persyaratan apapun, juga tanpa persyaratan keanggotaan dan keaktifan di BPJS Kesehatan," kata dia dalam keterangan resminya, Jakarta, Sabtu (19/12/2020).

Menurut dia, Kementerian Kesehatan dan kementerian/lembaga (K/L) lainnya sedang membahas skema pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat.

"Setelah skema ini dirampungkan, maka akan disosialisasikan segera kepada pemerintah daerah dan masyarakat," ujarnya.

Nadia mengatakan, program vaksinasi COVID-19 adalah prioritas pemerintah yang akan dilaksanakan secara bertahap setelah mendapat izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Seiring dengan ketersediaan vaksin, Kemenkes akan memastikan kesiapan semua fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan dan sistem distribusi untuk pelaksanaan vaksinasi," katanya.

Kata BPOM soal vaksin vaksin COVID-19 yang gratis untuk masyarakan di halaman selanjutnya>>>