Mantap! Baidu Gandeng Geely Bikin Mobil Listrik

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 11 Jan 2021 21:50 WIB
Mobil Listrik
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Aplikasi pencarian asal China, Baidu Inc mengumumkan akan memproduksi mobil listrik pintar (EV). Untuk merealisasikan itu pihaknya telah bekerja sama dengan pabrikan otomotif Zheiang Geely Holding Group.

Dilansir dari Reuters, Senin (11/1/2021), Baidu akan menjadi pengendali atas perusahaan anyar itu sekaligus memegang hak suara absolut. Sedangkan Geely akan menggenggam saham minoritas, kolaborasi ini akan mengandalkan platform mobil listrik miliknya yakni Sustainable Experience Architecture (SEA).

Baidu jadi perusahaan teknologi kesekian yang akhirnya berekspansi ke segmen otomotif untuk mengembangkan mobil listrik karena efek dari kesuksesan Tesla Inc. Apple Inc juga sedang mendorong pengembangan mobil listrik sekaligus produksi baterai dan menargetkan untuk meluncurkan produknya pada 2024.

Tak cuma di Amerika Serikat (AS), tren ekspansi perusahaan teknologi ke segmen otomotif juga marak di China. Alibaba, telah membentuk perusahaan patungan dengan manufaktur mobil terbesar di China SAIC Motor Corp. Didi Chuxing juga mendesain mobil listrik dan menggandeng BYD untuk produksinya.

Baidu telah meluncurkan sistem kemudi pintar bertajuk Appolo pada 2017. Platform ini juga telah memasok pabrikan otomotif besar macam Geely, Volkswagen AG, Toyota Motor Corp, sampai Ford Motor Corp.

Selain itu, Baidu juga mengoperasikan layanan taksi nirpengemudi Go Robotaxi di Beijing, Changsa, Gangzhou dan berencana untuk melebarkan layanan di 30 kota lainnya. Kerja sama dengan Geely ditaksir para analis akan mengomersialkan teknologi kemudi pintarnya.

"Rencana produksi mobil ini untuk menguatkan konsep software defined vehicle. Meskipun kesuksesan Baidu akan sangat tergantung kebijakan pemerintah, biaya operasi, dan permintaan pasar," ujar Analis Transportasi, Jason Chen.

(dna/dna)

Tag Terpopuler