Seberapa Tangguh Sektor Industri Hadapi Pandemi?

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 12 Apr 2021 20:45 WIB
PT Dwi Aneka Jaya Kemasindo (DAJK) memproduksi beragam kemasan untuk beberapa produk jadi di Indonesia. Yuk, kita lihat proses pembuatan kemasan tersebut.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Sektor industri disebut-sebut tangguh menghadapi pandemi COVID-19. Di tengah pandemi, realisasi investasi sektor industri pada periode 2020 mencapai Rp 272,9 triliun, tumbuh 26% dari 2019 yang sebesar Rp 216 Triliun.

"Termasuk dengan kesiapan memanfaatkan teknologi industri 4.0, sehingga tetap dapat menjaga aktivitas produksinya," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam keterangan resminya yang diterima detikcom, Senin (12/4/2021).

Selain itu, Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Maret 2021 berada di level 53,2 atau meningkat sebesar 2,3 poin dari Bulan Februari 2021. Peningkatan PMI manufaktur Maret 2021 menjadi yang tertinggi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

"Capaian gemilang tersebut mengindikasikan pemulihan ekonomi Indonesia akan semakin cepat, dan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021," tambahnya.

Baru-baru ini, Indonesia mendapat kesempatan menjadi official partner country ajang Hannover Messe 2021: Digital Edition. Dengan begitu, Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang mendapatkan kesempatan itu. Kesempatan itu, kata Agus, bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk membuktikan diri sebagai salah satu negara yang memiliki kekuatan di sektor industri, terutama dalam penerapan teknologi industri 4.0 lewat terutama dengan adanya capaian-capaian tadi.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, dengan menjadi partner country di Hannover Messe, Indonesia dapat menampilkan diri sebagai negara emerging yang tengah melakukan transformasi ekonomi menuju industri 4.0 yang berbasis riset dan inovasi," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler