Pabrik Daur Ulang Plastik Terbesar RI Berdiri di Jawa Timur

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Rabu, 30 Jun 2021 17:05 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan pabrik daur ulang plastik terbesar di Indonesia. Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 22.000 meter persegi dengan luas bangunan 7.000 meter persegi ini berlokasi di Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Jawa Timur.
Foto: Dok. Kemenperin

Agus menyampaikan bahwa masih terdapat 50% idle capacity industri daur ulang plastik yang dapat dioptimalkan dengan penerapan circular economy, sehingga sampah plastik dapat diolah menjadi komoditas yang dapat digunakan kembali sebagai sumber daya bernilai ekonomi termasuk untuk kemasan botol plastik PET.

"Oleh karena itu, kami mendorong industri untuk terus menghasilkan produk yang berinovasi tinggi, termasuk meningkatkan pertumbuhan industri plastik nasional khususnya industri daur ulang plastik, sehingga dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi perekonomian nasional," tegasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Veolia Indonesia Sven Beraud-Sudreau mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah di sejumlah negara untuk membantu pengelolaan sampah plastik.

"Teknologi terkini yang kami miliki terbukti telah dapat membantu mengurangi permasalahan sampah plastik di negara-negara tersebut," tuturnya.

Presiden Direktur Danone-AQUA Connie Ang juga menambahkan pengelolaan dan pengurangan sampah plastik di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama. "Kami percaya, pihak swasta perlu memainkan peran yang lebih besar didukung oleh sumber daya yang kami miliki," pungkasnya.


(akd/hns)