Uji Coba Pesawat Luar Angkasa Boeing Ditunda Lagi, Ada Apa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 09:12 WIB
Boeing sementara akan menutup sementara pabriknya di Washington untuk mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19). Penutupan berlangsung selama 14 hari.
Foto: AP/Ted S. Warren
Jakarta -

Boeing menunda lagi uji coba pesawat luar angkasanya, Starliner. Padahal uji coba itu telah ditunggu-tunggu sejak gagal terbang pada 2019.

Mengutip CNN, Kamis (5/8/2021), Starliner dijadwalkan lepas landas awal pekan ini dalam penerbangan tanpa penumpang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Ini merupakan upaya kedua Boeing setelah sempat gagal dalam uji terbang serupa tahun 2019.

Jika terealisasikan, misi ini akan menjadi momen yang menentukan bagi Boeing dan NASA, karena raksasa dirgantara itu berusaha bersaing dengan perusahaan Elon Musk, SpaceX yang relatif baru.

Tetapi setelah badai petir melanda lokasi peluncuran di Florida di mana pesawat ruang angkasa itu diparkirkan, Boeing menemukan masalah pada sistem propulsi Starliner. Ditemukan ada katup yang terlepas dan belum tahu apa penyebabnya.

Hingga Selasa malam, tim Boeing dan NASA masih memecahkan masalah ini. Namun, pihak Boeing lebih memilih untuk membawa pesawat ke Fasilitas Integrasi Vertikal untuk pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut.

Juru bicara NASA mengatakan tanggal target baru akan ditentukan setelah pemeriksaan tambahan dilakukan.

"Masalahnya dengan penerbangan luar angkasa adalah ada ribuan atau jutaan bagian yang bergerak," kata seorang pejabat urusan publik NASA, Dan Huot.

Sebelumnya, seperti dilansir AFP pesawat luar angkasa buatan Boeing itu akan diluncurkan dengan roket Atlas V yang dirakit oleh United Launch Alliance pada Selasa (3/8) siang sekitar pukul 13.20 Eastern time, dari Cape Canaveral Space Force Station, Florida, Amerika Serikat (AS).

Peluncuran dalam misi bernama Orbital Flight Test-2 (OFT-2) itu akan disiarkan langsung via live streaming pada situs resmi Badan Antariksa AS atau NASA.

Tonton juga Video: NASA Ulangi Uji Terbang Starliner Tanpa Awak ke Stasiun Luar Angkasa

[Gambas:Video 20detik]




(ara/ara)