4,73 Juta Ton Pupuk Subsidi Disalurkan ke Petani, Ini Syarat Dapatnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 26 Agu 2021 10:53 WIB
Memasuki musim tanam awal tahun 2021, PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk subsidi dan non subsidi untuk petani.
Foto: Dok. Pupuk Indonesia
Jakarta -

PT Pupuk Indonesia (Persero) sudah menyalurkan 4,73 juta ton pupuk subsidi hingga 20 Agustus 2021. Dengan angka tersebut sudah 52% dari alokasi pupuk subsidi yang ditetapkan pemerintah 9,04 juta ton pada 2021.

Dengan realisasi tersebut, maka pupuk subsidi yang tersisanya sebanyak 4,31 juta ton yang akan disalurkan hingga akhir 2021. Besaran alokasi pupuk subsidi yang disalurkan ini sesuai dengan Permentan No. 49 Tahun 2020.

"Kami terus menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan Kementan," kata Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman dalam keterangannya, Kamis (26/8/2021).

Bakir menegaskan pupuk bersubsidi hanya bisa didapatkan oleh petani yang berhak dan dengan alokasi yang telah ditentukan dalam hal ini sudah tercatat dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok elektronik (e-RDKK).

Sesuai ketentuan yang berlaku, pupuk subsidi dibagikan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani yang terdaftar dalam e-RDKK, serta untuk wilayah tertentu memiliki Kartu Tani.

"Bagi petani yang belum mendapatkan Kartu Tani dapat tetap kami layani secara manual selama ia terdaftar di e-RDKK," ujar Bakir.

Rinciannya di halaman berikutnya.