RI Dapat Tambahan Satu Lagi Vaksin yang Siap Dipakai untuk Booster

ADVERTISEMENT

RI Dapat Tambahan Satu Lagi Vaksin yang Siap Dipakai untuk Booster

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 19 Des 2021 15:15 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine.
Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum
Jakarta -

Pemulihan ekonomi dari dampak pandemi sangat bergantung pada kecepatan program vaksinasi virus Corona guna menekan penularan baru dan mengurangi dampak yang mungkin bisa ditimbulkan oleh munculnya varian baru.

Vaksin booster jadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas vaksin terhadap varian baru virus Corona. Pelaku industri di sektor farmasi pun mempercepat proses penyediaan vaksin yang bisa digunakan untuk vaksin booster.

Penelitian yang dilakukan Hunan Provincial Center for Disease Control and Prevention (Hunan CDC) memperlihatkan bahwa Vaksin Zifivax bisa digunakan sebagai booster.

Laporan hasil penelitian yang dilakukan di Hunan CDC, yang dirilis awal Desember lalu, menyimpulkan Zifivax aman dan memberikan peningkatan neutralizing antibody yang baik sebagai vaksin booster.

Zifivax telah memperoleh izin penggunaan darurat (emergency use authorization, EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (Badan POM) pada 7 Oktober 2021. Zifivax merupakan vaksin yang dikembangkan oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical dengan platform rekombinan protein sub-unit.

Ke depan, vaksin Zifivax akan dikembangkan dan diproduksi di Indonesia oleh PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio).

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Daftar Calon Vaksin Covid-19 buat Booster di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT