Banggakan Kawasan Industri Hijau RI, Jokowi: Terbesar di Dunia!

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 12:12 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim Kawasan Industri Hijau Indonesia di Bulungan, Kalimantan Utara bakal menjadi yang terbesar di dunia. Pembangunannya resmi dimulai dengan dilaksanakannya groundbreaking hari ini.

"Ini kita harapkan akan menjadi kawasan industri hijau terbesar dunia, bukan Kalimantan Utara, bukan Indonesia tapi dunia karena menyangkut lahan sampai detik ini 16.400 hektare dan targetnya 30 ribu hektare," katanya yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/12/2021).

Indonesia melibatkan banyak investor di Kawasan Industri Hijau ini, mulai dari investor dalam negeri, hingga investor China dan Uni Emirat Arab.

"Ini kerja sama besar antara Indonesia, investor Indonesia, investor dari China, Investor dari Uni Emirat Arab semuanya akan bergabung," jelasnya.

Jokowi menjelaskan bahwa dirinya sudah memantau kawasan tersebut sejak 2 tahun yang lalu dengan pesawat untuk mengetahui kondisi, keadaan dan situasinya seperti apa. Dia meminta Kapolda, Kapolres, Pangdam, Kodim, Gubernur, Bupati untuk mengawal proyek tersebut.

"Kawal secara detail kawasan ini agar kondusif dan aman sehingga investasi betul-betul segera bisa melakukan percepatan pembangunan di sini, jangan sampai ada persoalan sekecil apapun," sebutnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan apresiasinya kepada para pihak yang telah terlibat dalam membangun Kawasan Industri Hijau di Pulau Kalimantan ini.

"Saya sekali lagi sangat menghargai apa yang sudah dimulai di Tanah Kuning Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara ini. Saya sangat menghargai inisiatif para investor, para pemilik modal, para CEO yang sudah hadir dan membangun industrinya di sini dan kita harapkan hasilnya bisa kita lihat dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," tambahnya.

(toy/fdl)