Anak BUMN Pupuk Punya Gedung Arsip, Ini Fungsinya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 16:55 WIB
Pupuk Kaltim
Foto: dok Pupuk Kaltim
Jakarta -

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) meresmikan Gedung Pusat Arsip Teknik untuk mengoptimalkan tata kelola kearsipan dan dokumentasi perusahaan.

Peresmian dilakukan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto didampingi Direktur Operasi dan Produksi PKT Hanggara Patrianta, pada Rabu (29/12).

Hanggara mengatakan pendirian Gedung Pusat Arsip Teknik sebagai wujud dukungan PKT terhadap penerapan pengelolaan kearsipan Perusahaan, yang diatur melalui UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Pendirian gedung disesuaikan dengan pedoman ANRI dalam Peraturan Kepala ANRI Nomor 3 Tahun 2000 tentang Standar Pembangunan Gedung Pusat Arsip, untuk menunjang manajemen Pusat Arsip sebagai sarana pengelolaan dokumen Perusahaan secara tersentralisasi.

"Untuk menunjang pengelolaan kearsipan yang baik sesuai aturan yang berlaku, PKT saat ini juga telah memiliki SDM pengelola kearsipan yang tersertifikasi," kata Hanggara, Kamis (30/12/2021).

Saat ini PKT memiliki dua gedung Pusat Arsip, yakni Pusat Arsip Non Teknik dan Pusat Arsip Teknik. Pusat Arsip PKT dikategorikan sebagai off site records, atau Pusat Arsip yang dibangun di luar dari gedung perkantoran.

Hal ini juga sebagai bentuk keaktifan PKT terhadap pengembangan pengelolaan kearsipan Perusahaan menuju tata kelola dokumen kelas dunia, dengan terus melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Keberadaan gedung dan pengembangan tata kelola kearsipan PKT tak hanya ditujukan untuk kepentingan perusahaan, tapi juga memberi manfaat bagi bangsa dan negara dengan beragam jenis arsip yang terdokumentasi secara berkala.

"PKT berkomitmen menciptakan pengelolaan dokumen kelas dunia, yang tak hanya bermanfaat untuk Perusahaan saja, tapi juga sebagai wujud persembahan bernilai untuk masyarakat dan bangsa," tambah Hanggara.

Berlanjut ke halaman berikutnya.