ADVERTISEMENT

Mau Buka Penerbangan Reguler, Pelita Air Belum Kelar Urus Izin

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 08:00 WIB
Pelita Air Service
Foto: Dok. Pelita Air Service
Jakarta -

Pelita Air Service (PAS) tengah bersiap untuk membuka penerbangan berjadwal reguler. Sejak 2021 kemarin, persiapan untuk membuka layanan penerbangan berjadwal sudah dilakukan. Namun, hingga di awal tahun baru 2022 ini rencana penerbangan reguler itu belum juga terlaksana.

Nampaknya rencana Pelita Air membuka penerbangan berjadwal masih butuh proses yang cukup panjang. Sampai saat ini pun, izin operasi penerbangan Pelita Air belum selesai prosesnya di Kementerian Perhubungan.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Pelita Air masih mengurus izin Air Ceritificate Operation (AOC) 121 untuk pesawat Airbus A320 yang akan digunakan. Sebelum izin tersebut didapatkan, Pelita belum bisa membuka rute penerbangan.

"Posisi pengurusan masih proses AOC 121," ujar Novie saat dihubungi detikcom, Selasa (4/1/2022).

Setelah mendapatkan AOC, sebuah maskapai harus mengurus izin rute penerbangan baru bisa membuka layanan. Maskapai juga harus berkoordinasi dengan operator bandara untuk meminta slot time dari bandara tujuan maupun bandara keberangkatan pada sebuah rute.

Sebelumnya, dalam catatan detikcom, Novie pernah menjelaskan Pelita Air bakal menjadi maskapai medium service yang mengoperasikan pesawat Airbus A320 dan memiliki basis layanan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Ada 5 proses yang perlu dilalui maskapai.

Pertama, Pelita Air harus mempersiapkan kontrak maintenance untuk pesawat A320. Kemudian yang kedua berupa persiapan personel untuk mengoperasikan Airbus A320.

Kemudian persiapan yang ketiga adalah perencanaan rute-rute berjadwal yang akan diterbangkan. Lalu yang keempat adalah proses pengadaan pesawat A320. Persiapan yang terakhir berupa prosedur manual-manual untuk pesawat A320 dan penerbangan berjadwal.

Di lain pihak, Komisaris Utama Pelita Air Michael Umbas mengatakan sampai saat ini menurut laporan direksi, Pelita Air masih mempersiapkan staf penerbangan dan penyediaan pesawat. Akhir 2021 yang lalu, Pelita baru saja melakukan perekrutan untuk staf.

Saat ini yang fokus dilakukan adalah penyediaan pesawat. Michael mengatakan Pelita Air masih melakukan negosiasi dengan lessor pesawat. Dia tidak bisa banyak membocorkan informasi karena dalam tahap negosiasi, namun yang jelas dia membenarkan pesawat Airbus A320 yang bakal disiapkan Pelita Air.

"Masih dalam tahap negosiasi belum selesai. Kita kan mau cari harga yang terbaik lah. Soal berapa jumlahnya dan lainnya belum bisa kasih tahu karena masih proses nego, kurang baik kalau dikasih tahu lebih dulu," kata Michael kepada detikcom.

"Yang jelas sudah bisa disampaikan adalah jenis pesawatnya adalah Airbus 320," lanjutnya.

Dia menegaskan targetnya tahun 2022 ini Pelita bakal membuka rute berjadwal. Kapan tepatnya sesuai proses persiapan yang berjalan, namun dia menegaskan pihaknya menargetkan rencana itu bisa direalisasikan sebelum akhir tahun ini.

"Kan udah tahun baru nih, yang pasti tahun ini, kalau bisa ya kami semakin cepat. Tepatnya kapan? Belum bisa kami kasih tahu sesuai dengan proses yang berjalan, cuma kayaknya nggak mungkin sampai akhir tahun sih kita sudah terbang," kata Michael.

(hal/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT