Terungkap! Ini Alasan Prabowo Borong 42 Jet Tempur Rafale

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 18 Feb 2022 07:15 WIB
Kementerian Pertahanan (Kemhan) melakukan penandatanganan kontrak kerja sama pembelian 6 pesawat tempur generasi 4,5, Dassault Rafale. Jet tempur tersebut merupakan buatan Prancis.
Jet Dassault Rafale/Foto: AP Photo
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu sepakat membeli 42 unit pesawat tempur Rafale. Kontrak awal diteken untuk 6 pesawat terlebih dahulu.

Sekjen Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto mengatakan pembelian jet tempur Rafale diperlukan mengingat saat ini Indonesia hanya memiliki 49 pesawat tempur, termasuk Sukhoi. Itupun, katanya mayoritas berumur 20-30 tahun.

"Indonesia saat ini hanya mengandalkan 33 pesawat F-16 AM, BM, C dan D yang sudah berusia lebih dari 30 tahun, serta 16 pesawat Sukhoi 27 dan 30 dengan usia hampir 20 tahun sebagai pesawat tempur utama," ujar Donny dalam diskusi virtual, Kamis (17/02/2022).

Pesawat tua tersebut mempengaruhi biaya perawatan. Dibutuhkan biaya ekstra untuk perawatan pesawat-pesawat tersebut.

Maka dari itu, diputuskan membeli pesawat tempur Rafale dari Prancis. Prancis dipilih lantaran kualitas alutsista buatannya tidak kalah dengan alutsista negara maju lainnya, terlebih Prancis mempunyai posisi tawar.

"Posisi tawar Prancis di kancah internasional dan politik luar negerinya yang relatif lebih netral dibandingkan dengan negara Eropa menjadikan Prancis menjadi satu pilihan sumber pengadaan alutsista bagi Indonesia," ujar Donny.

Sementara itu, Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purn) Chappy Hakim mengatakan pembelian 42 pesawat jet tempur Rafale oleh Kemhan merupakan keputusan yang tepat mengingat situasi pasar pesawat tempur sedang menguntungkan.

Saat ini, menurutnya, para produsen tengah banyak mengobral pesawat. Ini jadi kesempatan untuk beli di situasi yang tepat.

"Pembelian di saat yang tepat, yaitu ketika toko-toko memasang iklan atau berada di tengah musim sale," jelas Chappy.

Simak juga video 'Melihat Manuver Jet Tempur Dassault Rafale yang Dibeli Prabowo dari Prancis':

[Gambas:Video 20detik]



Pabrik pesawat tempur cuci gudang. Cek halaman berikutnya.