Bakrie Garap Proyek Sulap Bus hingga Angkot BBM Jadi Listrik

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 30 Mei 2022 17:30 WIB
Kondisi Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (04/08/2021), semakin sepi penumpang. Sepinya penumpang yang datang, imbas dari perpanjangan pemberlakuan PPkM Level 4 oleh pemerintah.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) meresmikan PENS - VKTR Innovation Lab of Transport Electrification. Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono mengatakan proyek tersebut salah satunya adalah terkait pengembangan bus dan angkot berbahan bakar bensin menjadi listrik.

"Kerja sama antara VKTR dan PENS ini nantinya akan bermuara pada tiga hal: pengembangan komponen telematika dan mekatronika, repowering bus dan angkot dari mesin bensin menjadi listrik, dan pengembangan teknologi motor listrik," tutur Gilarsi, dalam keteranngannya, Senin (30/5/2022).

Acara tersebut dilaksanakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), di Surabaya, Jawa Timur. Agenda itu juga ditandai dengan penyerahan bus listrik merek BYD type K9 oleh Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono kepada Direktur PENS Aliridho Barakbah.

Gilarsi mengatakan, berdirinya EV Innovation Lab ini merupakan tindaklanjut dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani kedua pihak, yang menyepakati sejumlah langkah strategis untuk mewujudkan kerjasama di bidang penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi elektrifikasi transportasi.

Dalam hal pengembangan telematika, lanjut Gilarsi, VKTR bersama PENS akan melakukan studi secara mendalam terhadap aspek telekomunikasi dan informatika yang ada di dalam kendaraan listrik. Sedangkan dalam hal mekatronika, studi akan banyak difokuskan kepada aspek teknik mesin, teknik listrik dan perangkat lunak yang ada di dalam kendaraan listrik.

"Dari studi tersebut, insyaAllah ke depannya kita akan mampu mengembangkan aspek telematika dan mekatronika dari kendaraan listrik secara mandiri," ujar Gilarsi.

Kerjasama ini juga menjangkau studi yang akan memungkinkan VKTR dan PENS membangun industri yang mampu mengonversi alat transportasi publik dari mesin berbahan bakar energi fosil menjadi kendaraan listrik.

"Bersama PENS kita juga akan mengembangkan teknologi motor listrik. Salah satunya dengan menghadirkan motor listrik yang memiliki teknologi self-balance, sehingga jauh lebih nyaman dikendarai dibanding motor yang sudah ada selama ini," terangnya.



Simak Video "Manis tapi Garang! Ini Wujud Mobil Listrik Rp 200 Jutaan dari Mitsubishi"
[Gambas:Video 20detik]