ADVERTISEMENT

Top Banget! Filipina Beli Kapal Perang BUMN Made in Surabaya

Ardan Chandra - detikFinance
Jumat, 24 Jun 2022 16:33 WIB
Filipina Beli Kapal Perang BUMN RI Made in Surabaya
Filipina Beli Kapal Perang BUMN RI Made in Surabaya/Foto: Dok. PT PAL

Spesifikasi Kapal

Kapal yang akan dibangun di Surabaya direncanakan memiliki panjang 123 meter, tinggi 21 meter, dengan berat sebesar 7.200 ton. Pengadaan kapal Landing Dock (LD) kali ini mengakomodir penyesuaian kebutuhan DND Filipina saat ini dengan perubahan minor pada platform kapal, serta menggunakan skema FFBNW.

Nantinya kapal LD ini diharapkan siap bertugas hingga sea state 6, serta kapabilitas pengoperasian perlengkapan fasilitas kapal pada sea state 4. Selain itu, LD ini nantinya memiliki kecepatan berlayar 13 knots dan kecepatan maksimum pada 16 knots dalam kondisi muatan penuh serta memiliki cruising endurance 30 hari.

"Kemenangan ini merupakan kemenangan milik bersama, khususnya bagi para insan PAL. Dengan semangat transformasi, insan PAL menyambut baik proyek ini, serta siap melaksanakan tugas dan menghasilkan produk yang tepat mutu serta tepat waktu" pungkas Willgo.

PT PAL Indonesia sebagai world class shipbuilding company yang telah berdiri sejak tahun 1980, tumbuh menjadi salah satu perusahaan perkapalan termaju di Indonesia, bahkan hingga tingkat global. Hal ini tak lantas membuat PAL berhenti berkembang. Selain itu, saat ini PT PAL Indonesia tengah melakukan pengembangan fasilitas produksi, yang sesuai dengan standar internasional.

Hal ini merupakan upaya keikutsertaan dalam persaingan pasar global khususnya di ASEAN. Dipilihnya PAL oleh DND Filipina juga merupakan bentuk kuatnya hubungan dan kerja sama antar negara termasuk pada sektor pertahanan dan keamanan.


(ara/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT