ADVERTISEMENT

Sudah Tahu Proses Isi Ulang Air Mineral di Pabrik? Ini Tahapannya

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 22 Agu 2022 18:15 WIB
Pabrik AQUA Ciherang
Sudah Tahu Proses Isi Ulang Air Mineral di Pabrik? Ini Tahapannya/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Proses isi ulang air mineral di pabrik mungkin membuat sebagian orang penasaran. Hal ini menjadi penting karena produsen air minum harus memastikan proses produksi secara higienis dan terjaga.

Seluruh produk AQUA melalui pengujian rutin melalui 400 parameter pemeriksaan kualitas untuk menjamin pemenuhan standar keamanan pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hal ini dilakukan untuk menjamin pemenuhan standar keamanan pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tidak hanya itu, seluruh produk keluaran ini telah bersertifikasi sesuai standar global dan Standar Nasional Indonesia (SNl).

"Sebagai salah satu perusahaan bersertifikasi BCorp, penting bagi kami untuk senantiasa menjadikan perusahaan sebagai force for good, dengan melindungi kealamian ekosistem di sekitar sumber air serta memastikan kualitas air dan kemasan tetap terjaga sejak dari sumber air di seluruh pabrik AQUA hingga ke tangan konsumen," kata Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin dikutip dalam keterangannya, Senin (22/8/2022).

Pabrik AQUA yang berlokasi di Ciherang, Jawa Barat memiliki 2 jalur pengisian air mineral untuk kemasan botol (330 ml satu jalur dan 600 ml satu jalur), serta memiliki 3 jalur pengisian air mineral untuk kemasan galon guna ulang.

Pabrik Ciherang juga menjamin standar pengisian ulang kemasan galon dengan proses seleksi ketat terhadap galon yang kembali ke pabrik. Adapun rangkaian seleksi ketat untuk galon guna ulang di antaranya pengecekan fisik, galon tidak pecah atau bocor, galon tidak berbau, dan tidak terkontaminasi endapan atau warna.

Kemudian, galon yang telah lolos seleksi akan menjalani proses pencucian dengan menggunakan air bertekanan dan pembersih dengan standar food grade, kemudian galon akan dibilas menggunakan air bertekanan tinggi.

Tidak semua galon bisa dipakai lagi. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT