Canggih! Petani Bisa Garap Lahan Sambil Rebahan Pakai Traktor Ini

ADVERTISEMENT

Canggih! Petani Bisa Garap Lahan Sambil Rebahan Pakai Traktor Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 09:47 WIB
Canggih! Perusahaan Ini Kembangkan Traktor Pertanian Tanpa Sopir
Canggih! Petani Bisa Garap Lahan Sambil Rebahan Pakai Traktor Otonom/Foto: Dok. Deere/CNBC
Jakarta -

Sebuah perusahaan berbasis di Amerika Serikat (AS) John Deere tengah mengembangkan alat pertanian masa depan. Alat pertanian ini berupa traktor pertanian 8R yang sepenuhnya otonom digerakkan oleh kecerdasan buatan, bukan petani di kemudi.

Traktor pertanian 8R ini ditampilkan dalam Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas Januari lalu. 8R merupakan puncak dari perencanaan strategis dan investasi Deere selama hampir dua dekade dalam otomatisasi, analisis data, panduan GPS, konektivitas internet dan rekayasa perangkat lunak.

Sementara, sebagian besar R&D telah dikembangkan dalam negeri. Perusahaan juga telah mengakuisisi dan bermitra dengan perusahaan rintisan agtech mengumpulkan hal pendukung lainnya.

"Ini berasal dari kesadaran kami bahwa teknologi akan mendorong penciptaan nilai dan meningkatkan produktivitas, profitabilitas, dan keberlanjutan bagi petani," kata Jorge Heraud, Vice President of Automation and Autonomy dikutip dari CNBC, Senin (3/10/2022).

8R otonom mewakili lompatan besar dalam teknologi terkini. Sebelumnya orang mengira hal itu sulit dilakukan.

"Sebelum diperkenalkan di CES, semua orang mengira (otonomi penuh) adalah kue di langit," kata Scott Shearer, ketua departemen makanan, pertanian, dan teknik biologi di Ohio State University.

Di seluruh dunia, kata Shearer, mungkin ada 30 proyek traktor otonom berbeda yang sedang dikerjakan, meskipun tidak ada yang tersedia secara komersial.

"Tetapi ketika Deere, dengan 60% pangsa pasar traktor di Amerika Utara, keluar dengan satu, saat itulah kenyataan muncul," kata Shearer.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT