Bocoran Luhut: Produsen Mobil Canggih Bakal Masuk RI, Siapa?

ADVERTISEMENT

Bocoran Luhut: Produsen Mobil Canggih Bakal Masuk RI, Siapa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 18:45 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho: Menko Kemaritiman & Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan ada perusahaan mobil terbesar di dunia akan datang ke Indonesia bulan ini. Hanya saja dia tidak merinci siapa perusahaan mobil yang dia maksud.

Luhut mengungkap perusahaan itu menjadi salah satu yang akan ikut untuk membangun sebuah ekosistem ekonomi Indonesia.

"Kemarin ada perusahaan baterai lithium terbesar di dunia dia kan membangun suatu ekosistem dengan kita. Akan ada Ford dan akan ada perusahaan mobil terbesar salah satu paling canggih di dunia, mudah-mudahan tanggal 8-9 nanti mereka di sini," kata Luhut, Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KADIN 2022, Jumat (2/12/2022).

Luhut tidak menjelaskan perusahaan apa dan akan ada kerja sama seperti apa dengan Indonesia. Ia hanya memastikan jika perusahaan itu datang, baru diputuskan kepastiannya.

"Kita akan putuskan nanti bagaimana membangun ekosistem ekonomi kita. Desain ekonomi kita itu betul-betul desain berkelanjutan," tegasnya.

Berkaitan dengan kedatangan perusahaan mobil tersebut, yang menjadi pertanyaan besar memang investasi dari Tesla. Perusahaan tersebut merupakan produsen mobil listrik terbesar di dunia milik orang terkaya Elon Musk.

Luhut saat acara G20 di Bali, pernah mengatakan bahwa Elon Musk akan datang ke Indonesia bulan ini. Karena pada saat G20 kemarin, Musk batal datang.

"Kemudian Desember dia akan datang sendiri ke Jakarta," kata Luhut saat ditemui setelah acara Tri Hita Karana Forum Sustainable Development di BNDCC 1, Nusa Dua, Minggu (13/11/2022).

Hal ini diungkapkan Luhut saat menjelaskan ketidakhadiran Musk di rangkaian agenda B20 Summit Indonesia. Elon Musk sebelumnya dijadwalkan akan hadir di agenda B20 Summit Indonesia pada tanggal 14 November. Namun Luhut memastikan Musk tak akan hadir fisik, tetapi akan tetap mengisi acara secara virtual.

(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT