Luhut Pastikan Kereta Cepat Rampung Sesuai Jadwal Juni 2023

ADVERTISEMENT

Luhut Pastikan Kereta Cepat Rampung Sesuai Jadwal Juni 2023

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 17:12 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho: Menko Kemaritiman & Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan selesai sesuai target. Diketahui targetnya proyek itu selesai dan beroperasi pada Juni 2023.

"Kereta api cepat kita jalan, saya kemarin bicara semua akan selesai on schedule," katanya di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KADIN 2022, Jumat (2/12/2022).

Sementara saat ini, Luhut mengatakan yang menjadi pekerjaan rumah (PR) ke depan adalah bagaimana proyek ini dilanjutkan oleh pemerintahan yang baru selanjutnya. karena targetnya, Kereta Cepat Jakarta sampai Bandung bisa berlanjut ke Surabaya.

"Yang menjadi isu saat ini bagaimana mikir nanti supaya memberikan kepada pemerintahan yang akan datang bahwa sampai ke Surabaya. Kita sudah memikirkan ke situ," lanjutnya.

Luhut menjamin, untuk kelanjutan proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya akan disiapkan studi yang jauh lebih bagus. Ia memastikan nantinya anggaran untuk kelanjutan proyek itu bisa lebih murah.

"Itu kita akan membuat studi yang jauh lebih bagus, apa yang akan dibangun costnya juga akan jauh lebih kurang," ujarnya.

Kepastian selesainya Kereta Cepat Jakarta-Bandung, juga menjadi janji Luhut kepada China. Ia mengatakan janji tersebut ke Duta Besar China Lu Kang.

"Ke Dubes China Lu Kang saya jelasin, menyangkut masalah North Kalimantan nanti juga saya akan singgung. Much better preparation compared speed train Jakarta Bandung. Nanti kau tanggal 12 pergi lihat sendiri ke lapangan kita sudah bebaskan tanah 200 ribu hektare dari target 30," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga optimistis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat beroperasi pada Juni 2023. Saat ini progresnya telah mencapai 80,40%.

Optimisme Jokowi tentang Kereta Cepat Jakarta-Bandung disampaikan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Tadi kita telah melihat penyelesaian proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dan saya optimis kereta cepat ini dapat beroperasi di bulan Juni 2023," kata Jokowi di The Apurva Kempinski Bali, Rabu (16/11/2022).

(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT