Luhut Sebut Motor Listrik Disubsidi Rp 6,5 Juta, Investasi Bisa Makin Moncer

ADVERTISEMENT

Luhut Sebut Motor Listrik Disubsidi Rp 6,5 Juta, Investasi Bisa Makin Moncer

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 13:41 WIB
NIU NQi Sport 26
Ilustrasi Motor Listrik/Foto: Christopher Radyaputra/20detik
Jakarta -

Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk pembelian motor listrik. Jumlah subsidi yang diberikan sebesar Rp 6- 6,5 juta.

Hal ini disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, langkah ini diperlukan untuk memperbanyak kendaraan listrik.

Terkait ini, Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Indra Darmawan mendukung subsidi motor listrik. Menurutnya, kebijakan ini memberi dampak positif ke investor.

Ia membandingkan subsidi kendaraan listrik Indonesia dengan negara lain. Menurutnya, negara lain bahkan lebih agresif dalam memberi subsidi.

"Itu jelas berdampak positif (bagi investasi). Di luar negeri (subsidi) lebih agresif," katanya di Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022).

Indra mencontohkan salah satu dukungan pemerintah luar negeri dalam industri kendaraan listrik. Salah satunya adalah memberikan cashback. Namun, Indra tidak merinci negara mana yang melakukan itu.

"Kalau di luar negeri, negara lain, mereka lebih aktif lagi, makanya kita juga sedang memikirkan bagaimana caranya agar lebih agresif lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut menyampaikan rencana subsidi motor listrik beberapa waktu lalu. Selain motor, pemerintah juga berencana untuk memberikan subsidi pembelian mobil listrik.

"Makanya ini segera kita luncurkan dengan subsidi. Misalnya motor ini kita lagi finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, mungkin sekitar Rp 6 juta. Di Thailand mungkin subsidi Rp 7 juta, di kita mungkin sekitar Rp 6,5 juta," ucap Luhut dalam acara "Welcoming Stronger Investment Post-Pandemic" yang diadakan oleh Permata Bank, dikutip dari YouTube resmi PermataBank, Rabu (30/11/2022).

Simak juga Video: Luhut Makin Gencar Rayu Tesla Masuk RI: Mereka Mau Lari ke Mana?

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT