Jokowi Mau Umumkan Kebijakan Baru Kendaraan Listrik, Soal Subsidi?

ADVERTISEMENT

Jokowi Mau Umumkan Kebijakan Baru Kendaraan Listrik, Soal Subsidi?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 07 Des 2022 19:45 WIB
Jokowi di acara HUT ke-77 PGRI (YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Jokowi di acara HUT ke-77 PGRI (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, pemerintah dalam waktu dekat akan mengumumkan kebijakan baru terkait kendaraan listrik. Rencananya, kebijakan itu akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Agus belum memberikan bocoran terkait kebijakan tersebut. Dia bilang, kebijakan ini baru saja dibahas.

"Saya bisa sampaikan di sini mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada policy baru dari pemerintah, yang jujur saja baru dirapatkan kemarin dipimpin oleh Bapak Presiden mungkin belum bisa saya buka," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi VII, Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Dia mengatakan, kebijakan ini salah cara pemerintah mendorong pertumbuhan industri kendaraan listrik, baik mobil maupun motor listrik.

"Mohon maaf saya belum bisa buka di sini karena Bapak Presiden sendiri nanti akan mengumumkan terhadap policy yang baru ini," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah berencana memberikan subsidi berupa potongan harga untuk pembelian motor listrik. Besarannya menurut Luhut bisa mencapai Rp 6,5 juta.

Menurutnya, jumlah itu tak jauh-jauh berbeda dengan subsidi yang ditetapkan di beberapa negara tetangga Indonesia.

"Makanya ini segera kita luncurkan dengan subsidi. Misalnya motor ini kita lagi finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, mungkin sekitar Rp 6 juta. Di Thailand mungkin subsidi Rp 7 juta, di kita mungkin sekitar Rp 6,5 juta," ucap Luhut dikutip dari YouTube resmi PermataBank



Simak Video "Subsidi Kendaraan Listrik Menguntungkan Orang Kaya, Emang Iya?"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT