Sederet Kabar Tesla Mau Bangun Pabrik di RI hingga Elon Musk Jawab Hati-hati

ADVERTISEMENT

Sederet Kabar Tesla Mau Bangun Pabrik di RI hingga Elon Musk Jawab Hati-hati

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 12 Jan 2023 13:45 WIB
Elon Musk Berencana Buat Robot Humanoid untuk Mengerjakan Tugas
Elon Musk/Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Pemerintah dalam beberapa kesempatan sesumbar soal rencana Elon Musk investasi di Indonesia melalui Tesla Inc. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu konon mau membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Pemerintah pun dalam beberapa waktu terakhir terus mendekati Tesla untuk segera merealisasikan investasi tersebut. Mulai dari rombongan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang bertemu Elon Musk di pabrik Tesla, dilanjutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), hingga kunjungan tim Tesla ke Indonesia.

Sejauh ini memang belum ada kesepakatan apapun yang dihasilkan. Sampai Elon Musk meminta hati-hati dengan artikel tentang rencana Tesla bangun pabrik di Indonesia dari sumber tanpa nama, karena sering kali informasinya salah.

"Harap berhati-hati dalam menulis artikel yang mengutip 'sumber tanpa nama', karena sering salah," kata Elon Musk di Twitter, dikutip Kamis (12/1/2023).

Artikel itu melaporkan Tesla telah mendekati kesepakatan awal dalam membangun pabrik di Indonesia. Fasilitas produksi itu disebut akan berkapasitas 1 juta unit mobil listrik per tahun.

Banyak yang menantikan apakah Tesla jadi investasi di Indonesia atau tidak. Berikut rangkuman perjalanannya:

Jokowi Ajak Tesla Investasi di RI

Jokowi dan Luhut berbicara dengan Elon Musk melalui sambungan telepon pada Desember 2020. Dalam kesempatan itu mereka membahas peluang investasi Tesla di Indonesia.

Dalam kesempatan itu juga Jokowi disebut mengajak Elon Musk untuk menjadikan Indonesia sebagai landasan penerbangan roket Space X.

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," bunyi keterangan resmi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Elon Musk pun menanggapi undangan Jokowi dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.

Jokowi Pede Tesla Bangun Pabrik di RI

Jokowi meyakini Elon Musk akan membangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia. Sampai saat ini hal itu masih terus dibicarakan antara pemerintah dengan pihak Tesla.

"Kita masih proses berbicara dengan Elon Musk dengan Tesla masih proses saya meyakini Tesla akan membangun pabrik baterai dan industri mobil di Indonesia," kata Jokowi dalam wawancara di YouTube The Economist Interviews, Minggu (13/11/2022).

Lihat juga video 'Kehilangan Harta Rp 2,800 T, Elon Musk Masuk Guinness World Record':

[Gambas:Video 20detik]



Luhut tawarkan ini ke Tesla. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT