Harga Tesla Turun Nih! Penjualan Bisa Tembus 2 Juta Mobil

ADVERTISEMENT

Harga Tesla Turun Nih! Penjualan Bisa Tembus 2 Juta Mobil

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Kamis, 26 Jan 2023 10:31 WIB
CORTE MADERA, CA - AUGUST 02:  The Tesla logo appears on a brand new Tesla Model S on August 2, 2017 in Corte Madera, California. Tesla will report second-quarter earnings today after the closing bell.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Harga Tesla Turun Nih! Penjualan Bisa Tembus 2 Juta Mobil/Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Potongan harga yang dilakukan oleh Tesla telah memicu permintaan untuk kendaraan listriknya. Bos Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa hal ini menurunkan kekhawatiran akan ekonomi yang lemah dapat membatasi minat pembeli.

"Perubahan harga ini benar-benar membuat perbedaan bagi konsumen rata-rata," katanya dikutip dari Reuters, Kamis (26/1/2023).

Ia menambahkan bahwa pesanan kendaraan diproduksi dua kali lipat pada Januari. Hal ini membuat sedikit adanya kenaikan harga untuk SUV Model Y.

Potongan harga yang tinggi bulan ini telah memposisikan Tesla sebagai pemrakarsa perang harga. Namun, perkiraan kenaikan volume mobil 37% untuk tahun ini menjadi 1,8 juta kendaraan, turun dari penjualan tahun lalu.

Adapun fokus utama para investor yaitu prospek penjualan Tesla seraya menghadapi ekonomi yang lebih lemah. Meski demikian, perusahaan mengatakan akan mempertahankan target jangka panjang dari peningkatan penjualan tahunan sebesar 50%.

Lebih lanjut, Musk mengatakan bahwa pengiriman pada 2023 bisa mencapai 2 juta kendaraan jika tidak ada gangguan.

"Akan ada gejolak di sepanjang jalan dan kita mungkin akan mengalami resesi yang cukup sulit tahun ini. Kami pikir permintaan akan bagus walaupun mungkin ada kontraksi di pasar otomotif secara keseluruhan," tuturnya.

Perusahaan mengatakan pendapatan dalam tiga bulan terakhir hingga 31 Desember yaitu US$ 24,32 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan rata-rata analis US$ 24,16 miliar, menurut data IBES dari Refinitiv. Penghasilan setahun penuh Tesla didukung oleh US$ 1,78 miliar kredit regulasi, naik 21% dari tahun sebelumnya.

Laba bersih untuk kuartal tersebut adalah US$ 3,69 miliar, atau US$ 1,07 per saham, lebih tinggi dibandingkan dengan US$ 2,32 miliar, atau 68 sen per saham, setahun sebelumnya. Laba per saham yang disesuaikan sebesar US$ 1,19 melampaui rata-rata perkiraan analis Wall Street sebesar US$ 1,13.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT