Follow detikFinance
Sabtu, 03 Mar 2018 09:53 WIB

Kereta MRT akan Dikirim dari Jepang, Begini Persiapannya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. PT MRT Jakarta Foto: Dok. PT MRT Jakarta
Jakarta - Dua set kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta yang telah rampung uji cobanya pada awal Februari lalu, segera dikirim dari Jepang ke Indonesia. Dua set yang masing-masing terdiri dari 6 cars atau gerbong tersebut akan dikirimkan dari Pelabuhan Toyohashi di Jepang pada 7 Maret 2018.

Kereta MRT itu diperkirakan tiba di Jakarta pada 26 Maret 2018. Berdasarkan informasi yang dikutip detikFinance dari instagram resmi MRT Jakarta, Sabtu (3/3/2018), kereta dengan masing-masing berat 31 ton tersebut telah dibawa dari pabrik Toyokawa ke pelabuhan Toyohashi mulai tanggal 21 Februari hingga 28 Februari 2018 lalu.


Kereta MRT JakartaKereta MRT Jakarta Foto: Dok. PT MRT Jakarta

Perakitan dan pengepakan kereta di pelabuhan Toyohashi berlangsung sejak 23 Februari hingga 3 Maret 2018. Proses mengangkut rangkaian kereta ke kapal laut di pelabuhan Toyohashi diperkirakan antara 5-7 Maret 2018.

Sebelum diberangkatkan, direksi dan staff MRT Jakarta telah mengeceknya kembali pada akhir Februari lalu. Pada 2 Maret kemarin jam 1.30 pagi waktu setempat, dua kereta terakhir (Kereta TC2 & M2) dari 12 kereta dalam pengiriman pertama sudah sampai di Toyohashi Port.

[Gambas:Video 20detik]


Kereta MRT JakartaKereta MRT Jakarta Foto: Dok. PT MRT Jakarta

Kereta yang diberangkatkan semenjak 7 hari lalu ini diangkut dengan truk, melawan kecepatan angin yang mencapai 14-20 km/jam dan suhu udara yang sangat dingin di kisaran 5-9 derajat celcius disertai hujan deras.

Pengiriman kereta-kereta ini dilakukan dengan sangat efektif dan eflsien. Hanya ada 10 staff Nippon Sharyo yang menangani pengiriman kereta, sebelum proses selanjutnya dan akhirnya diangkut dengan kapal menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Kereta dijadwalkan sampai di Jakarta akhir Maret nanti dan langsung akan dikirim ke Depo Lebak Bulus.



Kereta MRT JakartaKereta MRT Jakarta Foto: Dok. PT MRT Jakarta
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed