Follow detikFinance
Jumat, 13 Apr 2018 13:30 WIB

Gencar Bangun Infrastruktur, Pemerintah Hadapi 4 Tantangan Ini

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah saat ini sedang menggenjot pembangunan infrastruktur. Di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur itu, ada beberapa tantangan yang mesti dihadapi.

"Pertama disparitas antar wilayah dan kawasan masih tinggi, terutama antara kawasan barat Indonesia dan kawasan timur Indonesia (KTI). Kedua, daya saing nasional yang masih harus terus didorong, yang salah satunya melalui peningkatan konektivitas," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Arie Setiadi Moerwanto dalam acara seminar Strategi Investasi Mewujudkan Infrastruktur Jalan yang Berkelanjutan di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (13/4/2018).

Ketiga, tingkat urbanisasi yang tinggi yaitu sebesar 53% penduduk tinggal pada kawasan perkotaan. Keempat, pemanfaatan sumber daya yang belum optimal dalam mendukung kedaulatan pangan dan energi.


Meski harus menghadapi tantangan tersebut, pemerintah tetap meneruskan pembangunan infrastruktur. Arie mengatakan, pemerintah menempatkan infrastruktur sebagai prioritas kebijakan pembangunan nasional merupakan pilihan yang logis dan strategis untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, salah satu pembangunan infrastruktur mendorong peningkatan daya saing Indonesia. Menurut laporan Global Competitiveness Index yang dirilis World Economic Forum, daya saing Indonesia naik 5 peringkat ke posisi 36

"Meningkatkan infrastruktur merupakan pilihan logis. Bila dilihat persaingan global sekarang Indonesia nomor 36 dan infrastruktur itu kunci utana meningkatkan daya saing," kata Arie.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed