Follow detikFinance
Jumat, 20 Apr 2018 18:47 WIB

Kereta LRT Made in Madiun Tuai Pujian

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Raja Adil Siregar Foto: Raja Adil Siregar
Palembang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin resmi menerima dua trainset Light Rail Transit (LRT) produksi PT INKA di Madiun, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu Budi Karya sangat membanggakan produk PT INKA.

"LRT ini sangat membanggakan karena produk asli dalam negeri, yaitu PT INKA. Kalau Dirjen Perkeretaapian tadi bilang enam trainset sisanya menyusul hingga Juni mendatang, kalau bisa dicepatkan," kata Menhub saat menerima dua trainset LRT dari PT INKA di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Jumat (20/4/2018).

Pria kelahiran Sumatera Selatan itu mengatakan dua trainset yang terbagi enam gerbong ini selanjutnya langsung dibawa ke Depo Jakabaring. Di sana trainset akan dirangkai dan mulai menyesuaikan dengan trek kereta LRT di jalur sepanjang 23,4 KM.



Sebelum dilakukan uji coba, kereta akan lebih dulu dilakukan uji laik jalan dan sertifikasi. Hal ini untuk memastikan laik atau tidaknya LRT saat beroperasi nanti menjelang Asian Games.

"Nanti ada uji coba laik dan sertifikasi dulu. Kalau bisa secepatnya agar dapat segera beroperasi. Begitu juga dengan enam trainset lagi yang belum datang," sambung Budi Karya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan saat ini lebih dari 8,4 juta masyarakat di Bumi Sriwijaya telah menantikan kedatangan LRT. Hal ini turut diakui sebagai salah satu bentuk kesiapan Kota Palembang dalam menyambut Asian Games.

"8,4 juta masyarakat yang menginginkan LRT, dalam waktu 2 tahun selesai. Inilah salah satu bentuk persiapan kami dalam menyambut Asian Games mendatang," kata Alex Noerdin.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed