Follow detikFinance
Jumat, 08 Jun 2018 17:07 WIB

Tol Sumberwuni Fungsional, Mobil dari Surabaya Ramai Melintas

Muhammad Aminudin - detikFinance
Tol Sumberwuni/Foto: Muhammad Aminudin/detikFinance Tol Sumberwuni/Foto: Muhammad Aminudin/detikFinance
Jakarta - Tol fungsional Sumberwuni, Lawang, Kabupaten Malang, resmi dibuka. Jalur sepanjang kurang lebih 12 kilometer bisa dilalui pemudik sampai pertigaan Karanglo.

Pantauan detikFinance, sejumlah petugas bersiaga mengatur kendaraan yang hendak menuju gerbang fungsional Sumberwuni. Papan penunjuk arah sudah dipasang mulai dari jalur utama Surabaya-Malang.

Gerbang juga dipasang palang untuk batasan tinggi kendaraan, yakni 2,1 meter. Untuk mencapai gerbang ini, harus menempuh perjalanan sepanjang 1,4 km dari jalur utama Surabaya-Malang.


Jalan baru dilapisi beton, sejak mulai gerbang masuk hingga seluruh ruas sepanjang 10 kilometer. Mulai pukul 07.00 hingga 14.00 sudah 155 kendaraan roda empat melintas.

"Sudah banyak yang melintas, ini memang dibuka mulai hari ini, hanya untuk jalur menuju Malang dari Surabaya," ujar Poniman, petugas di Pos Jaga Tol Sumberwuni ditemui detikFinance, Jumat (8/6/2018).

Dikatakan, untuk menuju Karanglo dibutuhkan jarak tempuh sepanjang 7 km, ditambah jalur keluar masuk di pintu Karanglo sepanjang 3 km. "Jika ditotal 10 km, dengan satu rest area," bebernya.


Seperti diketahui, PT Jasa Marga Pandaan-Malang resmi membuka tol fungsional Sumberwuni-Karanglo hingga H+1 nanti.

Kasatlantas Polres Malang AKP Probandono Bobby mengatakan, tol fungsional Sumberwuni-Karanglo dibuka memang untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalur utama Lawang-Karanglo dari arah Surabaya saat mudik Lebaran.

"Kendaraan dari arah Surabaya bisa menggunakan tol fungsional sampai di Karanglo. Dari Jalan Sumberwuni melalui jalur arteri untuk menuju tol fungsional," terangnya terpisah. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed