Mulai Beroperasi, LRT Palembang Hanya Dibuka Buat PNS

Raja Adil Siregar - detikFinance
Senin, 23 Jul 2018 17:46 WIB
Foto: Raja Adil Siregar
Palembang - Dua rangkaian kereta light rail transit (LRT) Palembang, beroperasi untuk umum mulai hari ini. Dalam tahap awal ini pemerintah membebaskan tarif alias gratis.

"Gratis sampai 31 Juli ini, apakah setelah tanggal itu gratis atau tidak kami sedang bicarakan lagi," kata Kadishub Sumsel, Nelson Firdaus saat ditemui di stasiun DJKA, Senin (23/7/2018).

Menurut Nelson, berdasarkan ketetapan pemerintah tarif normal LRT adalah Rp 5.000 antar stasiun. Sedangkan untuk tujuan bandara tarif Rp 10.000.

Untuk perdana ini, kereta beroperasi dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kereta LRT beroperasi dari stasiun DJKA hingga ke stasiun bandara SMB II, begitu juga sebaliknya.

"Untuk kecepatan rata-rata 60 Km/Jam, tapi kalau kecepatan maksimal sekitar 80 Km/Jam tergantung kondisi lintasan," sambungnya.



Sebelumnya, Nelson mengatakan kereta beroperasi untuk umum. Tapi masih harus diberikan batasan, dimana hanya ASN, TNI dan Polri saja yang boleh untuk menjajal hingga 31 Juli mendatang.

Pantauan detikFinance di stasiun DJKA, kereta dijadwalkan berangkat pukul 15.00 WIB. Sayang keberangkatan molor karena kereta baru tiba dari Depo sekitar pukul 16.25 WIB.

Terlihat ratusan PNS Dinas Perhubungan Sumatera Selatan setia menunggu di stasiun DJKA. Para PNS mengaku ingin merasakan langsung kereta LRT melaju di lintasan sepanjang 23,4 Km itu.

LRT Palembang Mulai BeroperasiLRT Palembang Mulai Beroperasi Foto: Raja Adil Siregar


(eds/eds)