Follow detikFinance
Jumat, 17 Agu 2018 19:15 WIB

Wow! Ada Terowongan Khusus Beruang di Tol Pertama Kalimantan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Istimewa/Jasa Marga Foto: Istimewa/Jasa Marga
Balikpapan - Jalan tol Balikpapan-Samarinda menjadi jalan bebas hambatan pertama yang akan beroperasi di Pulau Kalimantan. Jalan tol ini akan menjadi cikal bakal atau awal pembangunan Trans Kalimantan, menyusul pembangunan tol dari ujung ke ujung pulau seperti Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Medan jalan tol Balikpapan-Samarinda yang mayoritas melintasi kawasan hutan dan bukit membuat tol ini akan menyediakan jalur khusus berupa perlintasan untuk hewan-hewan. Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda STH. Saragi mengatakan hal tersebut merupakan rekomendasi yang disampaikan dinas kehutanan setempat.

"Jadi nanti itu akan ada semacam terowongan khusus buat perlintasan hewan-hewan. Beruang juga ada di sini," katanya saat ditemui di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (17/8/2018).


Perlintasan hewan tersebut akan berbentuk seperti terowongan yang menjadi fasilitas perlintasan hewan-hewan yang kemungkinan akan lalu lalang di sana.

"Itu lebarnya truk juga bisa masuk itu," ujar Saragi.

Nantinya, perlintasan hewan itu akan berada di bawah jalur tol yang sudah dibangun. Adapun perlintasan hewan tersebut akan berada di seksi 2 yang menyambungkan Samboja dan Muara Jawa sebanyak dua perlintasan.

Fasilitas lainnya yang akan melengkapi tol sepanjang 99,35 km ini di antaranya 5 overpass, 2 underpass, 2 jembatan penyeberangan orang (JPO), 2 rest area dan 9 jembatan.


Saksikan juga video ' Alasan Menhub soal Penundaan Proyek Kereta Api di Kaltim ':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed