Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 20 Okt 2018 17:10 WIB

4 Tahun Jokowi-JK

Luhut: 4 Tahun Presiden Jokowi Tak Ada Proyek Berpotensi Mangkrak

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan/Foto: Rachman Haryanto Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Hari ini (20/10/2018) tepat 4 tahun lalu, Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Banyak janji kampanye yang sudah dan belum tercapai. Mulai dari pembangunan infrastruktur hingga indikator ekonomi lainnya.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan selama empat tahun kepemimpinan Joko Widodo tak ada satu proyek yang memiliki potensi tak selesai.


"Saya ingin katakan kepada anda selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo belum ada satu proyek pun yang berpotensi mangkrak," kata Luhut dalam acara Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP) di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (20/10/2018).

Dia menambahkan, hal tersebut karena selama ini pemerintah melakukan perencanaan pembangunan proyek dengan baik dan matang. Selain itu eksekusi juga dilakukan dengan hati-hati dan memperhitungkan konsekuensi yang akan dialami ke depannya.


Luhut menjelaskan dalam kepemimpinan Jokowi pembenahan pelabuhan, tol laut hingga infrastruktur lain memiliki perubahan yang signifikan.

"Misalnya pembenahan infrastruktur transportasi laut sekarang sudah jalan. Saya sharing di sini dengan anda makanya kalau punya perencanaan harus bagus dan eksekusinya bagus maka bisa berjalan baik," imbuh dia.


Luhut menambahkan, selain itu untuk mengeksekusi rencana pembangunan harus diiringi dengan kredibilitas dari pemimpin.

Pemerintahan Jokowi memang sangat gencar membangun proyek infrastruktur. Mulai dari jalan, jalan tol, transportasi massal, jembatan, bendungan, pelabuhan hingga Bandara. (kil/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed