Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Jan 2019 18:22 WIB

Mau Hidupkan Jalur Kereta, Jokowi Cerita Charlie Chaplin ke Garut

Ray Jordan - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Garut - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke Garut, Jawa Barat (Jabar). Di sela-sela kunjungan, Jokowi menjelaskan tentang rencana reaktivasi alias menghidupkan kembali jalur kereta mati di Jabar.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) program ini dirancang untuk pengembangan kawasan wisata. Dia juga sempat menyinggung soal Charlie Chaplin, komedian terkenal era 1920-an, pernah mengunjungi Garut naik kereta.


"Dulu pernah lho ke Garut tahun 1926 Charlie Chaplin. Ke sini lho, betul. Dua kali lagi. Karena melihat keindahan ini, naiknya kereta api," ujar Jokowi di Garut, Jumat (18/1/2019).

Jokowi mengatakan, selain ke Garut, Charlie Chaplin singgah di Bandung. Di sepanjang perjalanan aktor komedian asal Inggris itu sangat menikmati pemandangan Jabar.


"Charlie Chaplin dulu juga turun di Bandung kemudian naiknya ke sini dengan kereta api ke Garut juga sama sambil lihat kanan-kiri gitu," kata Jokowi.

Berangkat dari kisah Charlie Chaplin itu, Jokowi mengatakan reaktivasi jalur kereta untuk meningkatkan ekonomi di kawasan wisata yang dilalui jalur kereta tersebut. Totalnya akan ada 4 jalur kereta mati di Jabar yang bakal dihidupkan lagi.


Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro pernah menjelaskan ada 4 jalur itu adalah Bandung-Ciwidey dan Rancaekek-Tanjungsari.

Kemudian, Banjar-Pangandaran-Cijulang dan Cibatu-Cikajang. Di sepanjang jalur tersebut sebagian besar sudah berdiri pemukiman warga. Kondisi ini menjadi tantangan dan KAI akan berusaha mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. (jor/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com