Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Feb 2019 12:58 WIB

Bandara Kertajati Sepi, PUPR Yakin Kalau Ada Akses Tol Jadi Ramai

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Bandara Kertajati/Foto: Istimewa/BIJB Bandara Kertajati/Foto: Istimewa/BIJB
Jakarta - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Mei 2018. Namun, bandara terbesar kedua di Indonesia itu disebut masih sepi pengunjung.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun meyakini ketika tol penghubung Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan Bandara Kertajati Majalengka selesai, bandara itu akan mulai ramai.

"Kalau (tol) sudah selesai (dikerjakan), distribusi pengguna udara akan tidak hanya di Jakarta atau Bandung. Kertajati juga," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2019).


Sugiyartanto menjelaskan, manfaat pembangunan infrastruktur biasanya tidak dirasakan dalam waktu yang singkat. Namun membutuhkan waktu untuk penyesuaian.

"Kertajati kita tidak bangun hari ini, merasakannya (manfaat) terkadang tidak jangka pendek. Kalau dibangun terlambat, biaya pembangunannya bisa membengkak. Memang kalau bisa, dibangun semakin cepat," jelasnya.


Pembangunan tol penghubung antara Cikopo-Bandara Kertajati sendiri dikerjakan oleh PT Lintas Marga Sedaya. Selain untuk menjadi akses ke Bandara Kertajati, adanya tol itu diyakini akan menumbuhkan ekonomi warga sekitar.

"Ditargetkan tahun 2020 bisa selesai, kan baru mulai tahun lalu. Kan kalau dibangun tidak bisa langsung jadi, ada waktu," tutur Sugiyartanto.


Saksikan juga video 'Animo Penumpang Tinggi di Penerbangan Perdana Bandara Kertajati':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed