Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Mar 2019 19:11 WIB

Dibangun Bulan Depan, Bandara Purbalingga bakal Rampung April 2020

Arbi Anugrah - detikFinance
Foto: Arbi Anugrah/detikcom Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Purbalingga - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memperkirakan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman atau Bandara Wirasaba di Purbalingga, Jawa Tengah, akan rampung 2020. Saat ini masih dalam tahap proses pengurusan administrasi.

"Bandara Wirasaba (JB Soedirman) kita akan selesaikan administrasinya. Insya Allah awal April kita mulai (pembangunan), mungkin dalam waktu satu tahun selesai baik terminal maupun landasannya. Target selesai April tahun depan 2020," kata Budi Karya Samadi kepada wartawan didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau bandara JB Soedirman di Purbalingga, Selasa (12/4/2019).

Dia mengatakan pembebasan lahan untuk landasan pesawat telah selesai. Untuk landasan pesawat sendiri akan dibangun 1.600 meter sehingga cukup untuk mendarat pesawat jenis ATR.


"Landasan sendiri akan kita bangun 1.600. Karena 1.600 maka bisa digunakan untuk ATR, dan dengan adanya Bandara Wirasaba, Jakarta ke sini, untuk Purwokerto dan sekitarnya lebih mudah. Oleh karena itu kita cek prosesnya seperti apa, dan tinggal administrasi saja antara AP II dan angkatan udara," ucapnya.

Saat disinggung agar Bandara Wirasaba nanti tak sepi seperti bandara baru yang lain, Budi Karya justru optimistis Wirasaba akan ramai.

"Kalau di sini justru tidak ada alternatif, kalau bandara-bandara yang lain itu punya alternatif. Kalau ini mau ke Semarang 5 jam, ke Kulon Progo 4 jam, jadi nanti kalo ke sini 1 jam 2 jam pasti mereka lakukan," ujar Menhub.


Menhub menambahkan keberadaan pabrik rambut palsu di Purbalingga juga bisa mendukung peningkatan jumlah penumpang di Bandara Wirasaba nantinya.

"Kalau di Purbalingga ini saya lihat disini ada industri yang kerja sama dengan Korea, ada rambut, ada wig ada bulu mata, itu potensial sekali. Justru itu yang saya minta kepada ibu Plt Bupati untuk segera dikembangkan supaya proses investasinya, pelanggan lebih mudah datang kesini," tuturnya. (arb/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed