Menanti Operasi LRT Jakarta: Dari Asian Games hingga Lebaran

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 08 Mei 2019 06:37 WIB
Menanti Operasi LRT Jakarta: Dari Asian Games hingga Lebaran
Foto: Tim 20detik

Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono mengatakan saat ini sertifikasi sarana dan pra sarana LRT Jakarta telah rampung seluruhnya. Pihaknya juga telah mengirimkan surat kesiapan operasi ke Pemprov DKI Jakarta sejak sebulan yang lalu.

"1 April Jakpro sudah kirim surat kesiapan operasi ke Pemprov. Per akhir Maret untuk sarana 16 kereta sudah tersertifikasi dan pra sarana sudah ada rekomendasi teknis," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Selasa (7/5).

Mengenai tarif, LRT Jakarta juga telah ditetapkan besarannya lewat Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Moda Raya Terpadu (MRT) dan kereta api ringan atau LRT. Tarif LRT Jakarta koridor Kelapa Gading sampai Velodrome telah ditetapkan flat sebesar Rp 5.000.

Namun hingga saat ini, LRT Jakarta belum juga dibuka ke publik. Setidaknya masih ada dua hal yang menjadi fokus penyempurnaan operasi LRT Jakarta sebelum dibuka ke publik, yakni soal sistem ticketing dan pembangunan jembatan penghubung ke halte transJakarta Pemuda Rawamangun.

"Sekarang ini Jakpro sedang membangun jembatan skybridge di Pemuda Rawamangun. Menunggu jembatannya. Dan kita ingin sempurnakan ticketingnya," kata Allan.