Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 22:30 WIB

Jalur Kereta 5,7 Km Dibangun hingga ke Bandara Kulon Progo

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Bandara Internasional Yogyakarta/Foto: Ristu Hanafi Bandara Internasional Yogyakarta/Foto: Ristu Hanafi
Yogyakarta - Jalur baru kereta api akan dibangun hingga ke dalam kawasan Bandara Kulon Progo atau Yogyakarta International Airport (YIA). Jalur tersebut akan dibangun dari Stasiun Wojo di Purworejo.

Jalur tersebut dibangun sepanjang 5,7 kilometer (km), tersambung dengan jalur dari arah Stasiun Wojo.

"Ada jalur KA (Kereta Api) ke YIA ini akan jadi jalur baru. Jalurnya sepanjang 5,7 km dan akan masuk bandara dari Stasiun Wojo," terang Direktur Angkutan dan Lalu Lintas Dirjen Perkerataapian Kementerian Perhubungan Danto Ristiawan di Bandara Kulon Progo Yogyakarta, Jumat (5/7/2019).


Nantinya rel tersebut bentuknya campuran antara rel layang dengan rel yang menapak datar. 5 kilo meternya akan dibangun melayang, sisa 0,75 km sisanya dibangun menapak datar.

Pengerjaannya akan dilakukan selama dua tahun dari tahun ini hingga 2020. Targetnya pada 2021 jalur tersebut sudah bisa digunakan.

"Nanti akan di mix 5 km elevated, 750 m sisanya at grid, pengerjaannya 2019-2020, 2021 operasi," kata Danto.


Sedangkan Stasiun Wojo akan ditingkatkan kapasitasnya, karena stasiun terdekat dari Bandara Kulon Progo ini akan menjadi koneksi utama antara Kereta Bandara hingga Bus Damri.

"Peningkatan Stasiun Wojo, karena stasiun ini akan digunakan sebagai koneksi ke bus airport (Damri). Disana akan ada perluasan parkir, bangunan stasiun, sampai peron. 5,7 km waktu tempuhnya 10 menit," kata Danto.



Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com