Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Jul 2019 20:01 WIB

Bulan Depan, Ganti Rugi Lahan LRT Jabodebek Tuntas 100%

Trio Hamdani - detikFinance
Proyek LRT Jabodebek/Foto: Herdi Alif Al Hikam Proyek LRT Jabodebek/Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Ganti rugi lahan yang terimbas pembangunan LRT Jabodebek bakal dituntaskan 100% pada pertengahan Agustus 2019. Hal itu disepakati dalam rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, masalah pembebasan lahan ditargetkan rampung pertengahan Agustus, berikut dengan pembayaran ganti rugi yang dilakukan lewat Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Tadi kita berusaha percepatan, paling nggak tadi disepakati mungkin pertengahan Agustus ini bisa (100% pembebasan lahan)," kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

"Ya artinya (seluruh pembebasan lahan) sudah dibayar Agustus itu. Proses sudah ada," lanjutnya.


Dia menjelaskan permasalahan dalam pembebasan lahan ini bermacam-macam, utamanya adalah mengenai konsinyasi. Lahan yang belum beres rata-rata berada di lokasi depo di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto menjelaskan, begitu lahan bebas 100%, pihaknya bakal mengebut pembangunan depo dan jalur LRT. Saat ini di depo LRT di Bekasi Timur sudah dilakukan pemancangan sebanyak 100 titik.

"Jadi kalau lahan bebas langsung dikerjakan. Jadi sekarang yang di depo, lokasi depo Bekasi Timur itu sudah kita pancang sekitar 100 titik. Begitu bebas, kita langsung turun ke lapangan," jelasnya.


Sementara itu, masih ada 20 pier (pilar/tiang) untuk lintasan LRT yang tertunda dibangun. Itu lantaran permasalahan pembebasan lahan belum tuntas.

"Di jalan ada sekitar 20 pier yang masih belum bisa dibangun karena itu (masalah pembebasan lahan), 20 tiang, sama di Bekasi Timur ya depo," tambahnya.



Bulan Depan, Ganti Rugi Lahan LRT Jabodebek Tuntas 100%


Simak Video "Blak-blakan Dirut Adhi Karya: LRT Terhambat Dukuh Atas"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed