Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 13:52 WIB

MRT Jakarta Minta Listrik Cadangan di Senayan Standby 24 Jam

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Senayan bakal rampung Oktober 2019. Itu bakal jadi pemasok listrik cadangan kedua buat MRT Jakarta bila sistem utama dan cadangan pertama lumpuh. Namun PLTD itu dianggap masih punya kelemahan.

Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, PLTD Senayan baru akan menyala ketika dua sistem di garis depan sebagai pemasok listrik lumpuh. Nah itu membuat PLTD Senayan butuh waktu untuk bisa mulai memasok listrik ke MRT Jakarta.

"Sama saja nanti listrik kita mati dia akan butuh waktu untuk hidupin, padahal saat listrik mati, kereta itu akan langsung mati gitu. Kereta mati butuh waktu lagi 1 jam untuk kita mengoperasikan kereta, karena begitu kereta mati seluruh sistem kita down," kata dia di kantornya, Kamis (15/8/2019).


Pihaknya pun tak mau padamnya listrik pada Minggu (4/8) terulang. Untuk mengantisipasi itu, pihaknya meminta PT PLN (Persero) memastikan sistem ketiga di Senayan selalu siap sedia ketika dibutuhkan (hot standby), sehingga tidak memakan waktu untuk mulai menyetrum MRT Jakarta.

"Jadi dengan kejadian itu kita butuh sistem ketiga yaitu yang sistem Senayan. Nah sistem senayan ini juga diharapkan hot standby juga supaya saat listrik (utama dan cadangan pertama) mati, dia langsung suplai ke sistem kita," jelasnya.

Dengan kata lain, operasional MRT Jakarta tak akan lumpuh sedetik pun apabila sistem utama dan cadangan pertama lumpuh seperti dua minggu lalu.

"Kalau hot standby itu artinya dia akan beroperasi terus menerus sehingga pada saat listrik MRT mati, dia langsung bisa mengalirkan listrik tanpa sistem MRT itu drop. Itu yang kita harapkan," tambahnya.

Simak Video " MRT Jakarta Jalin Kerja sama dengan Seoul Metro"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed