Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Agu 2019 13:59 WIB

Kereta LRT Jabodebek Numpuk, INKA Minta Diangkut ke Jakarta

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Pembuatan LRT Jabodebek di Markas INKAFoto: Muhammad Ridho Pembuatan LRT Jabodebek di Markas INKAFoto: Muhammad Ridho
Jakarta - Manajemen PT INKA (Persero) berharap kereta LRT Jabodebek yang diproduksi segera dikirim ke Jakarta. Saat ini pabrik INKA di Madiun sudah penuh kereta LRT Jabodebek.

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan, satu rangkaian kereta LRT Jabodebek sudah siap untuk diuji coba di Jakarta. Sementara, sebanyak 134 body kereta LRT sudah rampung.

"Ini yang lain jadi masalah, karena lahan kita sudah penuh kalau teman-teman ke Madiun 'merah' semua kita hampir 134 kereta selesai sudah penuh itu. Maka, dengan persetujuan KAI kita akan naruh setelah di tes di bawa ke sini. Target 1 besok ini selesai, maka harus ada tiga, tiga, tiga setiap bulan selesai FAT (factory acceptance test)-nya, testing and commissioning di sana (Madiun). Operasinya tergantung nanti kalau selesai infrastruktur," jelasnya dalam acara Ngopi BUMN di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (19/8/2019).


"(134) Sudah dibuat body-nya, cuma kalau nggak dikeluarkan ya mampet saya nggak bisa produksi lagi. LRT semua, sudah merah semua tadi," tambahnya.

Dia menambahkan, satu rangkaian kereta LRT Jabodebek pertama akan diuji coba pada awal September mendatang. Dia berharap uji coba dilakukan secara optimal, paling tidak memakan waktu 6 bulan.

"Operasinya kalau sudah selesai infrastrukturnya, kita mau uji coba semaksimal mungkin di lintasan sebenarnya sesuai spesifikasi atau tidak. Karena kita tidak pakai masinis, driver less. Teknologi baru ini, betul-betul waktunya cukup untuk trial, paling nggak 6 bulan lah untuk bisa mengetahui keandalan kereta ini," tutupnya.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com